Image of PELATIHAN PEMBUATAN BAMAT, MOLUSKISIDA NABATI, BIOFERTILIZER Tephrosia vogelii DAN, HAND SANITIZER KARYA DOSEN DAN MAHASISWA UNJANI DI KELURAHAN UTAMA, CIMAHI SELATAN, CIMAHI DALAM RANGKA MEMPERINGATI DIES NATALIS UNJANI KE 29

Artikel Jurnal

PELATIHAN PEMBUATAN BAMAT, MOLUSKISIDA NABATI, BIOFERTILIZER Tephrosia vogelii DAN, HAND SANITIZER KARYA DOSEN DAN MAHASISWA UNJANI DI KELURAHAN UTAMA, CIMAHI SELATAN, CIMAHI DALAM RANGKA MEMPERINGATI DIES NATALIS UNJANI KE 29



Universitas Jenderal Achmad Yani merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Cimahi yang menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan tugas utamanya melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi sesuai Permenristekdikti no 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi tersebut meliputi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Dalam kesempatan ini Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Jenderal Achmad Yani akan melaksanakan dharma ketiga yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat. Topik yang diangkat dalam program ini sosialisasi beberapa hasil penelitian berbasis Teknologi Hijau yang merupakan Teknologi Tepat Guna dari lingkungan kampus untuk masyarakat, yaitu Baterai Tomat (Bamat), Moluskisida Nabati, Biofertilizer (pupuk alami) dari Kacang Babi (Tephrosia vogelii) dan Hand Sanitizer dari Serai Wangi(Cymbopogon nardus).
Teknologi hijau merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian atau keberlanjutan kehidupan di planet bumi ini. Kelestarian atau keberlanjutan (sustainabilitas) yang dapat diartikan sebagai perihal pemenuhan kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan dimasa depan tanpa merusak sumber daya alam, atau pemenuhan kebutuhan saat ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.
Dengan demikian Teknologi hijaumerupakan integrasi antara teknologi modern dan ilmu lingkungan yang diaplikasikan untuk melestarikan pemenuhan kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan di masa depan tanpa merubah lingkungan dan sumber daya alam. Pemilihan lokasi di Kelurahan Utama Cmahi Selatan, Cimahi sangat tepat karena di daerah ini masih memiliki lahan pertanian berupa area sawah dan kebun. Sedangkan peserta yang diundang berasal dari masyarakat yang terkena PHK, Karang Taruna dan Petani.
Solusi dan Target Luaran Kegiatan Pelaksanaan program PKM ini adalah sebagai berikut : 1) Memberi edukasi masyarakat yang kehilangan lapangan kerja 2) Membantu mitra untuk dapat membuka usaha kecil. Sedangkan Target Luaran Program PKM atau Luaran Tahunan adalah Publikasi di Jurnal Ber ISSN (Jurnal Kewirausahaan) dan Repocitory PT.
Metode pendekatan yang digunakan untuk mencapai Target Luaran ditetapkan, yaitu; Pelatihan, Bimbingan Teknis (Bimtek), Pendampingan, Fasilitasi dan Mediasi usaha. Selain itu Tim juga menentukan prosedur, langkah – langkah Solusi dalam pemecahan masalah, dalam pelaksanaan program melibatkan pakar – pakar dalam bidangnya yang berpengalaman dalam pemberdayaan Usaha Kecil.
Pelaksanaan program PKM ini direncanakan selama 4 (empat) bulan mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan kegiataan serta penulisan Publikasi pada Jurnal Ber ISSN (Jurnal Kewirausahaan) dan Repocitory PT.

Kata Kunci : Teknologi hijau dan Usaha Kecil


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Jenderal Achmad Yani : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this