Image of Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance Terhadap Profitabilitas Perusahaan Yang Diukur Dengan Roa (Studi Pada Perusahaan Yang Melakukan Pemeringkatan Penerapan Gcg Menurut The Indonesian Institute For Corporate Governance (Iicg) Selama Tahun 2005 - 2009)

Skripsi

Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance Terhadap Profitabilitas Perusahaan Yang Diukur Dengan Roa (Studi Pada Perusahaan Yang Melakukan Pemeringkatan Penerapan Gcg Menurut The Indonesian Institute For Corporate Governance (Iicg) Selama Tahun 2005 - 2009)



ABSTRAK

Sejak krisis ekonomi tahun 1997 pelaksanaan tata kelola perusahaan yang baik, atau lebih dikenal dengan Good Corporate Governance (GCG) menjadi isu yang mengemuka di Indonesia. Akibat buruknya tata kelola pemerintahan dan perusahaan di Indonesia pada masa itu, menyebabkan perekonomian Indonesia menjadi terpuruk. Semenjak itulah, semua pihak sepakat untuk dapat bangkit dari keterpurukan, Indonesia harus memulai dengan tata kelola yang baik dari pemerintah, perusahaan pemerintah dan swasta. Berbagai upaya memperbaiki tata kelola dilakukan dengan menerapkan prinsip GCG di semua lini masyarakat, salah satunya pada perusahaan publik di Indonesia. Perusahaan beranggapan bahwa apabila seluruh aktivitas perusahaan dilaksanakan dengan penerapan GCG maka perusahaan akan mendapatkan tambahan nilai, salah satunya bertambahnya profitabilitas perusahaan. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance terhadap Profitabilitas Perusahaan yang Diukur dengan ROA”(studi pada perusahaan yang melakukan pemeringkatan GCG oleh IICG). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh GCG terhadap profitabilitas perusahaan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian asosiatif. Perusahaan yang menjadi objek penelitian ini adalah perusahaan peserta CGPI (perusahaan yang melakukan pemeringkatan GCG oleh IICG). Data yang digunakan untuk menganalisis GCG adalah skor GCG yang dari IICG, sedangkan data untuk menganalisis profitabilitas (ROA) berasal dari pengolahan laporan keuangan perusahaan tahun 2005 – 2009. Untuk memperkuat hasil analisis dalam penelitian ini digunakan pula statistik uji t. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh tingkat signifikansi sebesar -3,078 yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Sedangkan hubungannya sebesar -0,649 yang berarti mempunyai pengaruh yang kuat. Adapun besarnya pengaruh adalah sebesar 42,12% sisanya 57,88% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Good Corporate Governance tidak mempunyai pengaruh positif terhadap Profitabilitas Perusahaan yang Diukur dengan ROA pada Perusahaan yang Melakukan Pemeringkatan GCG Oleh IICG. Hal ini disebabkan oleh jumlah perusahaan sampel yang terbatas dan terdiri dari berbagai sektor industri yang berbeda.

Keyword : Good Corporate Governance, Profitabilitas, ROA, IICG.


Ketersediaan

010809111100064657/RES/pPerpustakaan PusatTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
657/RES/p
Penerbit Ak - FE Unjani : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
657
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
0064-TA/657/RES/p/2011
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this