Image of PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN PROFITABILITAS TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN TAHUNAN (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2018)

Skripsi

PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN PROFITABILITAS TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN TAHUNAN (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2018)



ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mekanisme Good Corporate Governance, yaitu komite audit, komisaris independen, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional, serta profitabilitas yang diukur berdasarkan rasio Return on Assets terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan tahunan. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaan publik yang telah diaudit.

Penelitian ini menjadikan perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018 sebagai populasi. Dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling, diperoleh 190 data sampel dari 38 perusahaan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi logistik.

Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa komite audit dan profitabilitas memiliki pengaruh positif terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan tahunan, sedangkan komisaris independen, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional tidak memiliki pengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan tahunan. Secara simultan, semua variabel independen, yaitu komite audit, komisaris independen, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan profitabilitas, berpengaruh positif terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan tahunan.

Kata kunci: Good Corporate Governance, Komite Audit, Komisaris Independen, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Tahunan


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this