Image of ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK UMUM KONVENSIONAL DENGAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA DENGAN METODE RISK-BASED BANK RATING (Studi kasus pada Bank Umum Konvensional dan Bank Umum Syariah yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Periode 2014-2019)

Skripsi

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK UMUM KONVENSIONAL DENGAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA DENGAN METODE RISK-BASED BANK RATING (Studi kasus pada Bank Umum Konvensional dan Bank Umum Syariah yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Periode 2014-2019)



ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kinerja keuangan Bank Umum Konvensional (BUK) dan Bank
Umum Syariah (BUS) di Indonesia periode 2014-2019 dengan menggunakan metode Risk-Based Bank Rating yang terdiri dari empat aspek yaitu risk profile (profil risiko), good corporate governance, earning dan capital. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh bank umum syariah dan bank umum konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia
dan di Otoritas Jasa Keuangan.

Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling, dan diperoleh sebanyak 10
sampel bank umum syariah dan 10 sampel bank umum konvensional. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang telah dipublikasikan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif . Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan kinerja keuangan pada bank konvensional dengan bank syariah
pada rasio ROA (Return On Assets), NPL (Non Performing Loan), LDR (Loan to Deposit Ratio), BOPO (Biaya Operasional terhadap pendapatan operasional), selama periode 2014-2019. Namun demikian tidak terdapat perbedaan kinerja keuangan bank konvensional dengan bank syariah dengan menggunakan rasio CAR (Capital Adequacy Ratio).

Kata Kunci: Kinerja Keuangan, ROA,NPL,LDR,BOPO,CAR


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this