Image of EFEKTIVITAS PROGRAM KOTA TANPA KUMUH DI KABUPATEN KARAWANG

Skripsi

EFEKTIVITAS PROGRAM KOTA TANPA KUMUH DI KABUPATEN KARAWANG



Permukiman kumuh di Kabupaten Karawang saat ini menjadi permasalahan serius pemerintah daerah Kabupaten Karawang dikarenakan banyaknya zona-zona kumuh. Salah satu zona kumuh yang menjadi SK Bupati ini ialah Kelurahan Karangpawitan. Salah satu program pengentasan permukiman kumuh yaitu Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) yang di sosialisasikan oleh Ditjen Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metodelogi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan studi lapangan (observasi, wawancara dan dokumentasi). Informan dalam penelitian ini yaitu Pelaksana Tugas program KOTAKU, Asisten Kota (ASKOT) Mandiri, dan Anggota BKM Mitra Mandiri sekaligus masyarakat penerima manfaat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan mereduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Program Kota Tanpa Kumuh di Kabupaten Karawang bisa dikatakan cukup baik. Dikarenakan dari empat dimensi menurut Budiani yaitu Ketepatan Sasaran program, Sosialisasi Program, Tujuan Program, dan Pemantauan Program hanya satu yang belum optimal yaitu Tujuan Program. Dimensi Ketepatan Sasaran Program sudah maksimal seperti pencapaian dari SK Kumuh Bupati yang sudah 0ha, dimensi Sosialisasi Program sudah baik dikarenakan banyaknya media penyampaian program KOTAKU, dimensi
Pemantauan Program KOTAKU sudah baik dikarenakan memiliki komitmen terhadap program dan untuk dimensi Tujuan Program KOTAKU masih banyak yang belum diperbaiki, hanya beberapa indikator kumuh yang sudah diperbaiki dikarenakan terbatasnya biaya program KOTAKU. Saran dari peneliti untuk program KOTAKU adalah dana yang dikeluarkan untuk program ini seharusnya besar, dikarenakan banyaknya wilayah yang belum ter-cover oleh program sehingga banyak masyarakat yang belum menerima manfaat program.

Kata Kunci: Permukiman, Kumuh, KOTAKU


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit JURUSAN ILMU PEMERINTAHAN : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this