Image of STUDI DESKRIPTIF RELIGIUSITAS PADA SISWA MADRASAH ALIYAH MULTITEKNIK ASIH PUTERA CIMAHI

Skripsi

STUDI DESKRIPTIF RELIGIUSITAS PADA SISWA MADRASAH ALIYAH MULTITEKNIK ASIH PUTERA CIMAHI



ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran religiusitas pada siswa Madrasan Aliyah Multiteknik Asih Putera Cimahi. Menurut Glock & Stark (dalam Ancok dan Suroso, 2011), terdapat lima macam dimensi yang dimiliki yaitu keyakinan, peribadatan atau praktik, penghayatan, pengetahuan agama dan pengamalan. Jenis penelitian ini bersifat non experimental yaitu merupakan penelitian deskriptif. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur Religiusitas berdasarkan teori Religiusitas menurut Glock & Stark dan juga modifikasi alat ukur dari Juwita Pratama yang terdiri 73 item dengan jumlah responden 105. Nilai reabilitas yang diperoleh adalah 0,964, dan nilai validitas yang diperoleh . Hasil menunjukkan bahwa terdapat dua kategori mengenai religiusitas yaitu tinggi dan rendah yang berdasarkan dengan dimensi religiusitas. Dimensi keyakinan tingginya 50,5 % dan rendahnya 49,5 %. Dimensi Praktek tingginya 47,6 % dan rendahnya 52,4 %. Dimensi penghayatan tingginya 54,4 %, dan rendahnya 45,7 %. Dimensi pengetahuan tingginya 44,8 % dan rendahnya 55,2 %. Serta Dimensi pengamalan tingginya 57,1 % dan rendahnya 42,9 %. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa siswa masih memiliki rata-rata keyakinan yang rendah. Disarankan bagi pihak guru dapat terus memberikan perhatiaan khusus dalam pembinaan kepada siswa, supaya Religiusitas siswa terus meningkat.

Kata kunci : Religiusitas, siswa MA Multiteknik Asih Putera Cimahi.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit FAKULTAS PSIKOLOGI : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this