Image of STUDI DESKRIPTIF MENGENAI IMPRESSION MANAGEMENT DALAM HUBUNGAN BERPACARAN 
(Studi Deskriptif Mengenai Impression Management Dalam Hubungan Berpacaran Pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Jenderal Achmad Yani Angkatan 2015)

Skripsi

STUDI DESKRIPTIF MENGENAI IMPRESSION MANAGEMENT DALAM HUBUNGAN BERPACARAN (Studi Deskriptif Mengenai Impression Management Dalam Hubungan Berpacaran Pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Jenderal Achmad Yani Angkatan 2015)



Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran mengenai Impression Management pada mahasiswa yang sedang menjalin hubungan berpacaran. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Impression Management: Two-Component Model yang dikemukakan oleh Mark R. Leary and Robin M. Kowalski (1990) yang terdiri dari dua proses yang berbeda, yaitu Impression Motivation dan Impression Construction. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Probability Sampling dimana teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama kepada setiap anggota populasi untuk menjadi sampel. Jenis teknik sampel yang digunakan adalah Total Sampling. Total sampling adalah teknik pengambilan sampel yang sama dengan jumlah populasi yang ada. Sehingga sampel yang diperoleh yakni sebanyak 50orang. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode kuantitatif. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah hasil penelitian menunjukan mahasiswa
fakultas psikologi angktan 2015 yang sedang menjalani hubungan berpacaran memiliki tingkat pemantauan kesan dalam Impression Motivation rata-rata di level 2 sebanyak 72 % dan Faktor penentu Impression Construction pada mahasiswa psikologi angkatan 2015 paling besar adalah Konsep Diri sebanyak 22 orang dari 50 orang, dimana konsep diri adalah dimana individu ketika dihadapan kekasihnya, merasa memiliki suatu hal yang membanggakan dalam dirinya, seperti penampilan, sikap, maupun perilakunya. Individu merasa memiliki hal yang terbaik didalam dirinya. Mereka menampilkan diri sesuai diri mereka apa adanya. Saran: pengambilan data awal yang dilakukan tidak hanya kepada beberapa sampel, tetapi harus seimbang dengan jumlah sampel yang ada.

Kata kunci: Impression Management, Impression Construction, Hubungan Berpacaran


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit FAKULTAS PSIKOLOGI : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this