Image of Studi perlakuan panas pengayaan karbon pada permukaan baja pearlitic pada roda kereta api dengan variabel pendinginan yang berbeda

Skripsi

Studi perlakuan panas pengayaan karbon pada permukaan baja pearlitic pada roda kereta api dengan variabel pendinginan yang berbeda



Peralatan industri maupun peralatan untuk roda kereta api memerlukan bahan yang mampu menerima gaya gesekan dan benturan. Untuk dapat menghasilkan suatu sifat material yang diperlukan seperti peralatan tersebut, maka diperlukan suatu perlakuan khusus agar bahan dasar dari alat tersebut dapat menerima gaya gesek dan benturan yang terjadi. Perlakuan khusus tersebut pada penelitian ini di lakukan proses pengerasan permukaan, yaitu specimen di proses karburisasi dengan variable pendinginan dan holding time yang berbeda, pertama perlakuan pendinginan Normalizing dengan hilding time 4 jam, holding time 6 jam dan perlakuan pendinginan Anneling dengan Holding time 4 jam dengan 6 jam. Analisa dilakukan dengan menggunakan mikroskop optik dan alat uji keras Microhardness Vickers. Hasil dari percobaan yang dilakukan menunjukan perlakuan pendinginan normalizing lebih keras di banding dengan perlakuan pendinginan Anneling, baik itu permukaan maupun base metal.

Kata kunci : Perlakuan panas, Struktur mikro, Roda kereta api, Sifat mekanik


Ketersediaan

010807111600004669/PAU/pPerpustakaan PusatTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
669/PAU/p
Penerbit TMe - FT Unjani : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
669
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
0004-TA/669/PAU/s/2016
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this