Image of PERAN UNITED NATIONS EDUCATIONAL, SCIENTIFIC AND CULTURAL ORGANIZATION (UNESCO) DALAM UPAYA MENINGKATKAN QUALITY EDUCATION DI INDONESIA PERIODE 2015-2017

Skripsi

PERAN UNITED NATIONS EDUCATIONAL, SCIENTIFIC AND CULTURAL ORGANIZATION (UNESCO) DALAM UPAYA MENINGKATKAN QUALITY EDUCATION DI INDONESIA PERIODE 2015-2017



ABSTRAK
1. Nama : Amanda Primiasih
2. NIM : 6211141120
3. Judul : Peran United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) Dalam Upaya Meningkatkan Quality Education di Indonesia Periode 2015-2017
4. Halaman : 128 + Lampiran
5. Kata Kunci : Organisasi internasional, Peran UNESCO, Indonesia, Quality Education
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menggambarkan peran United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) dalam menjalankan misinya terkait promosi quality education dan secara khusus untuk menggambarkan peran UNESCO dalam meningkatkan quality education di Indonesia pada periode 2015-2017. Pendidikan adalah isu low politic yang mendapatkan perhatian khusus bagi lembaga tersebut. Organisasi internasional pemegang mandat pendidikan adalah UNESCO. Mandat yang dipegang UNESCO berkaitan dengan agenda global baru yaitu Sustainable Development Goals (SDGs). Quality education adalah satu diantara 17 agenda dalam SDGs tersebut. Indonesia merupakan salah satu negara anggota UNESCO yang membutuhkan peningkatan quality education, terutama dalam memastikan pendidikan yang berkualitas secara merata dirasakan semua lapisan masyarakat. Peneliti menganalisa peran UNESCO dalam meningkatkan quality education di Indonesia berdasarkan perannya sebagai instrument, arena dan aktor. Dalam menganalisa masalah tersebut peneliti menggunakan kerangka teori pluralisme, organisasi internasional dan konsep peran. Metode yang peneliti gunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe case study. Peneliti bertindak sebagai instrument penelitian. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi partisipasi pasif serta dokumentasi atau studi literatur. Peneliti mengolahnya melalui data reduksi, data display dan penarikan konklusi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, selama periode tersebut peran UNESCO sebagai instrument, arena dan aktor belum dapat meningkatkan quality education di Indonesia dengan optimal. Beberapa target belum tercapai dan pelaksanaan peran yang masih memerlukan keberlanjutan tindakan untuk dapat meningkatkan quality education. Seperti halnya target anak usia dini, keadilan dan pembangunan berkelanjutan (fasilitas pendidikan dan lingkungan belajar).
6. Bahan Acuan : 78
7. Pembimbing : 1. Yuswari O. Djemat, Drs., MA 2. Angga Nurdin Rachmat, S.IP., MA


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Jurusan Ilmu Hubungan Internasional : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this