Image of RANCANG BANGUN ALAT UKUR MASSA JENIS ZAT CAIR FLUIDA DINAMIS DENGAN LCD 2X16 BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 328

Skripsi

RANCANG BANGUN ALAT UKUR MASSA JENIS ZAT CAIR FLUIDA DINAMIS DENGAN LCD 2X16 BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 328



Alat ukur massa jenis ini dirancang untuk menunjukan massa jenis dari suatu zat cair secara langsung di lapangan dan menggantikan sistem pengujian di laboratorium yang membutuhkan waktu yang lama. Alat ukur massa jenis zat cair ini dipergunakan untuk menunjang sistem kontrol level tangki yang membutuhkan nilai massa jenis dalam proses kalibrasi.
Alat ini pada dasarnya menggunakan hukum bernoulli dimana ketika zat cair mengalir dalam dua pipa horizontal yang saling terhubung dengan diameter yang berbeda dan pada ketinggian yang sama maka akan terjadi perbedaan tekanan dan kecepatan aliran pada kedua pipa. Nilai selisih tekanan dan kecepatan aliran tersebut akan menghasilkan nilai massa jenis zat cair. Alat ini menggunakan mikrokontroler ATmega 328 sebagai pengendali dan dua sensor tekanan yang akan mengukur selisih nilai tekanan pada kedua pipa serta satu sensor debit aliran untuk mengukur selisih nilai kecepatan aliran pada kedua pipa tersebut. Setelah mendapatkan selisih nilai tekanan dan kecepatan aliran, mikrokontroler ATmega328 akan menghitung nilai massa jenis sesuai dengan rumus yang telah ditentukan dan menampilkannya pada layar LCD.
Sensor tekanan yang digunakan memiliki batas maksimal 1.2 Mpa dengan error pembacaan sebesar 0.061% untuk sensor tekanan 1 dan 0.139% untuk sensor tekanan 2. Sedangkan untuk sensor debit aliran yang digunakan memiliki batas maksimal 60 L/min dengan error pembacaan sebesar 0.018%.

Kata kunci : Kontrol Level, Massa Jenis, Zat cair, Tekanan, Debit Aliran


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Jurusan Teknik Elektro Unjani : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this