Image of Kepentingan Amerika Serikat Mendukung Pakistan Dalam Kasus Perebutan Wilayah Kashmir Antara India Dan Pakistan (2009-2013)

Skripsi

Kepentingan Amerika Serikat Mendukung Pakistan Dalam Kasus Perebutan Wilayah Kashmir Antara India Dan Pakistan (2009-2013)



ABSTRAK
Amerika Serikat adalah sebuah negara kuat yang selalu memainkan perannya disetiap permasalahan yang sedang dialami setiap negara-negara di dunia, Amerika Serikat selalu muncul sebagai mediator atau penengah dari setiap permasalahan yang terjadi. Seperti halnya pada konflik yang terjadi di kawasan Asia Selatan yakni konflik perebutan wilayah Kashmir antara India dan Pakistan. Konflik Kashmir ini dimulai pada tanggal 22 Oktober 1947 setelah kemerdekaan Pakistan dan India. Perselisihan atas wilayah Kashmir menyangkut persoalan agama dan politik. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bantuan Amerika Serikat dalam membantu Pakistan di persengketaan perebutan wilayah Kasmir dengan India pada tahun 2009 sampai dengan tahun 2013. Sementara tujuan khusus dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kepentingan nasional Amerika Serikat di Pakistan khususnya dalam keberpihakan negara tersebut ke Pakistan dalam konflik perebutan wilayah Kashmir dengan India pada tahun 2009 sampai dengan tahun 2013. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan pendekatan Realisme dengan Konsep Power, Konsep Kepentingan Nasional, dan Konsep Kerjasama Bilateral. Namun peneliti lebih memfokuskan penelitian ini pada konsep kepentingan nasional, yang menjadi dasar kepentingan nasional Amerika Serikat mendukung Pakistan dalam konflik yang terjadi antara India dan Pakistan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif analisis dan teknik pengumpulan data sekunder yakni dengan studi literatur dan kepustakaan. Amerika Serikat dalam hal ini memiliki kepentingan nasional pertahanan untuk pemberantasan terorisme dan pembukaan kembali Rute Logistik NATO; kepentingan nasional ekonomi yakni lebih mempererat perdagangan bilateral AS-India, dan kerjasama perdagangan AS-Pakistan, dan untuk menghegemoni ekonomi di kawasan tersebut; kepentingan nasional tata internasional yakni menjaga stabilitas kawasan di Asia Selatan dan menjadi hegemoni dalam semua aspek di kawasan Asia Selatan; kepentingan nasional ideologi yakni upaya membendung pengaruh kekuatan komunis Rusia dan China dan sebagai cara untuk memantau perkembangan ideologi di kawasan Asia Selatan.


Ketersediaan

010816111600006327/CAH/kPerpustakaan PusatTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
327/CAH/k
Penerbit IP - FISIP Unjani : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
327
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
0006-TA/327/CAH/k/2016
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this