Image of KONTROL INTENSITAS LAMPU DENGAN SMARTPHONE ANDROID BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO NANO

Skripsi

KONTROL INTENSITAS LAMPU DENGAN SMARTPHONE ANDROID BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO NANO



Untuk dapat mengenali objek tertentu secara visual, manusia membutuhkan sebuah penerangan. Penerangan mempunyai pengaruh terhadap penglihatan manusia. Oleh karena itu diperlukan lampu sebagai sumber penerangan utama yang dapat menunjang penglihatan serta memberikan pengaruh terhadap fungsi ruangan tersebut. Lampu di rumah-rumah pada saat ini hanya dapat dimatikan dan dinyalakan saja dengan menggunakan saklar. Namun kondisi lampu seperti itu, tidak dapat mengatur cahaya yang dibutuhkan oleh ruangan tersebut. Dengan adanya alat ini diharapkan dapat membantu dalam proses pengendalian lampu ruangan.
Metode perancangan pada Kontrol Intensitas Lampu Dengan Smartphone Android Berbasis Mikrokontroler Arduino Nano menggunakan metode rancang bangun yang terdiri dari Identifikasi kebutuhan, Analisis kebutuhan, Perancangan alat, Pembuatan alat, Pengujian. Sedangkan rancang bangun dari Kontrol Intensitas Lampu Dengan Smartphone Android Berbasis Mikrokontroler Arduino Nano terdapat bagian-bagian pokok, yaitu Smartphone Android, Rangkaian catu daya, Modul Bluetooth HC-05, Arduino Nano, drive L298, Lampu. Adapun perangkat lunak yang digunakan untuk membuat program Arduino Nano yaitu IDE (Integrated Development Environment).
Berdasarkan hasil pengujian pada alat pengatur cahaya lampu dapat bekerja dengan baik. Program yang telah dibuat menggunakan software IDE dapat diproses dengan baik. Bluetooth dapat mengirimkan data ke Arduino Nano. Kemudian lampu dapat berubah cahayanya sesuai dengan data yang di terima oleh Arduino Nano.

Kata kunci : Android, Arduino Nano, HC-05, Lampu, PWM


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Jurusan Teknik Elektro Unjani : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this