Image of ANALISIS EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE SOFT STARTER SAAT START AWAL PADA PENGOPERASIAN MOTOR 220 kW SISTEM PENDINGIN SEKUNDER REAKTOR SERBAGUNA G.A SIWABESSY, PUSAT REAKTOR NUKLIR SERBAGUNA (PRSG), BATAN, SERPONG.

Skripsi

ANALISIS EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE SOFT STARTER SAAT START AWAL PADA PENGOPERASIAN MOTOR 220 kW SISTEM PENDINGIN SEKUNDER REAKTOR SERBAGUNA G.A SIWABESSY, PUSAT REAKTOR NUKLIR SERBAGUNA (PRSG), BATAN, SERPONG.



Reaktor Serba Guna G.A Siwabessy merupakan reaktor riset yang dilengkapi dengan Sistem Pendingin yang terdiri dari 2 sistem, yaitu sistem pendingin primer dan sistem pendingin sekunder. Sistem Pendingin Primer berfungsi mengambil panas dari hasil reaksi fisi yang berlangsung di teras reaktor, sedangkan Sistem Pendingin Sekunder berfungsi mangambil panas dari sistem pendingin primer untuk selanjutnya panas tersebut dibuang ke udara luar melalui menara pendingin (cooling tower). Tugas Akhir ini membahas mengenai efektifitas penggunaan metode Soft starter dalam proses starting awal motor listrik di sistem pendingin sekunder yang bertujuan untuk mengurangi nilai lonjakan arus yang tinggi saat awal motor mulai bekerja.Tipe data yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah data primer yang diperoleh langsung oleh penulis melalui proses pengukuran dengan alat ukur, data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan perangkat lunak untuk mendapatkan grafik yang akan di analisis. Saat menggunakan metode Star-Delta lonjakan arus berada di angka 800 A sedangkan dengan metode Soft starter terjadi penurunan nilai lonjakan arus menjadi 517 A, kesimpulan dari hasil tersebut adalah terjadi penurunan nilai lonjakan arus sebesar 35,3% dengan menggunakan metode Soft starter.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Jurusan Teknik Elektro Unjani : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this