Image of Pengaruh Kepemimpinan Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Terhadap Kualitas Pelayanan Pajak Bumi Dan Bangunan Di Kota Bandung

Tesis

Pengaruh Kepemimpinan Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Terhadap Kualitas Pelayanan Pajak Bumi Dan Bangunan Di Kota Bandung



ABSTRAK

Penelitian ini tentang pengaruh kepemimpinan kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah terhadap kualitas pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan di Bandung. Maksud penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah terhadap kualitas pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan di Bandung. Tujuan penelitian untuk (1) Mendeskripsikan kinerja kepemimpinan (kemampuan kerja dan ketrampilan) dengan kualitas pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan. (2) Mecari tahu kuatnya pengaruh dan hubungan kepemimpinan dengan peningkatan kualitas pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan di Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survai deskriptif kaitannya dengan penelitian ini yang menjadi sampel adalah Kantor Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah sebanyak 66 responden dan sampel juga diambil dari masyarakat pemohon pajak berjumlah 66 responden. Ditemukan dalam penelitian bahwa besarnya pengaruh variabel kepemimpinan (X) terhadap kualitas pelayanan (Y) adalah 0,72 atau 72 %. Berdasarkan temuan tersebut disarankan (1) Pimpinan memperhatikan kemampuan dan ketrampilan pegawai dengan cara memberikan pengarahan sebelum melakukan tugas, memberikan kesempatan pegawainya untuk mengikuti pendidikan penjenjangan
atau melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi. (2) Pimpinan dapat menyusun skala proritas tentang setiap program yang hendak dilaksanakan dan memilih pegawai atau pejabat yang relevan dengan keahlian atau latar belakang pendidikan dan berpengalaman yang professional dalam bidangnya. (3) KDPKAD disarankan menjadikan pelayanan PBB sebagai target PAD yang harus dicapainya dalam satu tahun anggaran. (4) Partisipasi masyarakat hendaknya dilaksanakan dalam arti seluas-luasnya. Adapun partisipasi masyarakat disarankan antara lain : 1) Kontak langsung baik secara lisan maupun secara tulisan : seperti menulis surat, menelepon, bertemu secara pribadi, penyuluhan, seminar dan sebagainya, 2) meningkatkan peran serta badan legislatif

Kata Kunci : kepemimpinan, Kualitas Pelayanan.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Pasca - FISIP Unjani : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this