Image of Perancangan Alat Pelepas Tie Rod End Pada Unit Ud Trucks Euro 2 Series

Skripsi

Perancangan Alat Pelepas Tie Rod End Pada Unit Ud Trucks Euro 2 Series



Waktu pengerjaan yang cepat dalam melakukan servis berkendara tentunya membutuhkan sistem serta alat bantu yang dapat mempermudah suatu pengerjaan sehingga waktu pengerjaan dapat dipersingkat. Penggantian tie rod end yang sudah rusak harus melalui beberapa tahap sebelum pelepasan tie rod end tersebut bisa dilakukan. Oleh sebab itu diperlukan adanya alat yang dapat membuka tie rod end tanpa harus membuka komponen-komponen di sekitar tie rod end dan juga tanpa merusak komponen-komponen lainnya. Perancangan alat pelepas tie rod end menggunakan metode perancangan Pahl and Beitz. Alat khusus yang dirancang ini hanya untuk tie rod end kendaraan UD Trucks EURO 2 series.
Metode perancangan Pahl and Beitz merupakan metode perancangan sistematis yang dalam proses perancangan menggunakan matriks morfologi untuk mencari alternatif varian produk terbanyak. Setelah dievaluasi melalui matrik keputusan dasar atau lebih dikenal dengan metoda Pugh maka dihasilkan varian terbaik. Konsep perancangan terpilih secara detail dituangkan kedalam gambar teknik dengan memakai bantuan SolidWorks.
Dari metode perancangan yang digunakan, terpilih varian kedua sebagai layout awal alat pelepas tie rod end pada unit UD trucks euro 2 series. Didapatkan spesifikasi dari hasil perancangan alat pelepas tie rod end yaitu mampu menahan beban sebesar 68,36 kN, alat tersebut menggunakan penggerak tangan dengan kunci, serta didapatkan bentuk, dimensi dan material dari alat pelepas tie rod end.

Kata Kunci: Perancangan, Alat pelepas, Tie rod end.


Ketersediaan

010802111600047620/WIS/pPerpustakaan PusatTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
620/WIS/p
Penerbit TMs - FT Unjani : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
xvii;115hlm;ilus
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
620
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
0047-TA/620/WIS/p/2016
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this