Image of Studi Analisis Pasar Cafe, BaurjuisPurwokerti

Skripsi

Studi Analisis Pasar Cafe, BaurjuisPurwokerti



ABSTRAKSI
Bourjuis merupakan nama pelaku usaha dalam bidang food and beverage. Berdiri pada tanggal 10 Oktober 2018 di Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Adapaun visinya ialah menjadi coffeeshop terkemuka untuk kualitas, nilai dan pelayanan. Fokus utama
bourjuis sendiri dimulai pada menu beverage yaitu kopi. Menu signatur (andalan) cafe ini sendiri berupa es kopi susu. Dalam rangka mengembangkan bisnisnya, Bourjuis berniat untuk membuka cabang didaerah purwokerto karna dinilai merupakan pasar yang memiliki potensi positif kedepannya. Purwokerto sendiri adalah salah satu daerah di Kabupaten Banyumas yang dalam baru ini berkembang dan menjadi pusat kota (pusat keramaian.Purwokerto sendiri memiliki beberapa Universitas besar dan kebanyakan diisi oleh mahasiswa dari luar daerah. Jumlah mahasiswa aktif pada setiap tahunnya di perkirakan sampai 54.000 mahasiswa. Jumlah mahasiswa yang semakin banyak akan mendorong peningkatan perekonomian masyarakan dan pelaku usaha terutama pada bidang resto ataupun cafe. Berdasrkan hasil analisa potensi pasar efektif cafe terdapat pada rentan umur 20-29. Pada rentan umur tersebut terdapat anak-anak muda dan mahasiswa. Jika dilihat secara angka maka potensi pasar efektif di Purwokerto adalah penduduk dengan rentang umur 20-29 dengan jumlah 45.774 dan mahasiswa sejumlah 54.250 didukung oleh perkembangan purwokerto menjadi pusat keramaian di kabupaten Banyumas merubah gaya hidup masyarakat menjadi lebih konsumtif dan gemar berkumpul diluar rumah Perlu adanya satu cafe yang unik dan berbeda dari yang lain. Besarnya resiko dan biaya yang harus dikeluarkan dalam mengembangkan suatu bisnis, dirasa penting untuk melakukan penelitian besarnya potensi pasar, pasar efektif yang dapat dikuasai dan siapa pasar potensialnya, untuk keyakinkan pemilik modal bahwa ada peluang untuk membangun bisnis baru dan menjadi bahan pertimbangan jika ternyata pangsa pasarnya tidak sesuai yang diharapkan. Secara singkat tujuan dilakukannya studi kelayakan bisnis adalah untuk menghindari keterlanjuran penanaman modal yang terlalu besar untuk kegiatan yang ternyata tidak menguntungkan. Dalam pelaksanaannya ada beberapa tahapan yang dilakukan seperti; identifikasi data yang dibutuhkan (variabel karakteristik konsumen, variabel karakteristik pesaing, dll) , pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan kuesioner, dan
pengolahan data. Pada penelitian ini akan menggunakan beberapa pendekatan, seperti : Analisis Segmenting, Targeting, Strategi Bersaing dan Proyeksi Market share. Metode ini dipilih karena memungkinkan pemilik modal untuk menghindari atau
menanggulangi risiko-risiko bisnis yang mungkin terjadi di masa mendatang. Selain itu, pemilik modal juga dapat melihat dari sisi prospek bisnis dan kompetitor apakah bisnis yang akan dilakukan tersebut layak atau tidak. adapun dari penelitian ini didapatkan beberapa hasil, yaitu : 1) Pasar potensial Café Bourjuis di Purwokerto mayoritas mahasiswa dengan presentasi 61% yang berdomisili di Purwokerto, mayoritas rentan umur pada 20- 25 tahun sebanyak 75,1%, mayoritas anggaran pengeluaran belanja pada rentan Rp. 20.000 – Rp.50.000 dan rata-rata intensitas mengunjungi café sebanyak 3 kali dalam satu bulan, 2) Besar potensial pasar Café Bourjuis adalah 81% sebayak 4416 orang, 3) Market share 58% dapat diketahui Pasar efektif yang dapat dikuasai sebanyak 25000 jiwa. Dengan proyeksi pendapatan sebesar Rp 896,000,000 Kata Kunci: Analisis Pasar, Bauran Pemasaran, Market Share


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit JURUSAN TEKNIK INDUSTRI : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this