Image of PENGUJIAN LOGAM BERAT TIMBAL (Pb), KADMIUM (Cd) dan SENG (Zn) PADA LIMBAH CAIR NATA DE COCO DI DAERAH CIAMIS DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM (SSA)

Skripsi

PENGUJIAN LOGAM BERAT TIMBAL (Pb), KADMIUM (Cd) dan SENG (Zn) PADA LIMBAH CAIR NATA DE COCO DI DAERAH CIAMIS DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM (SSA)



ABSTRAK
Nata adalah produk fermentasi oleh bakteri Acetobacter xylinum pada substrat yang mengandung gula. Bakteri tersebut menyukai kondisi asam dan memerlukan nitrogen untuk stimulasi aktifitasnya. Nata de coco ialah sejenis makanan fermentasi yang dibuat dengan bahan dasar air kelapa. Produksi nata de coco di daerah Ciamis menggunakan limbah air press sebagai bahan baku produksi dan menggunakan kertas koran sebagai penutup nampan, selain itu menggunakan pupuk ZA food grade dan alat masak yang mengandung seng. Penelitian bertujuan untuk mengetahui adanya logam berat Pb, Cd dan Zn pada limbah cair nata de coco serta kelayakan limbah cair nata de coco sesuai baku mutu air limbah. Penelitian dilakukan uji kualitatif dan uji kuantitatif logam berat. Pengamatan dilakukan berdasarkan limbah cair nata de coco yang sudah dipress setiap 1 minggu dalam jangka waktu 1 bulan. Hasil penelitian diperoleh hasil negatif pada uji kualitatif logam berat limbah cair nata de coco. Hasil uji kuantitatif diperoleh sampel limbah cair nata de coco belum layak dikarenakan masih melebihi ambang batas baku mutu air limbah.

Kata kunci : Limbah, logam berat dan nata de coco.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Jurusan Kimia Sains dan Informatika : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this