Image of Kajian Perbaikan Kinerja Struktur Terhadap Beban Gempa Menggunakan Base Isolation (STUDI Kasus Gedung Perkuliahan Teknik Sipil Unjani)

Skripsi

Kajian Perbaikan Kinerja Struktur Terhadap Beban Gempa Menggunakan Base Isolation (STUDI Kasus Gedung Perkuliahan Teknik Sipil Unjani)



ABSTRAK

Penelitian ini membahas mengenai perbaikan struktur yang memiliki kinerja kurang baik pada analisis beban gempa menggunakan SNI 03-1726-2012 dengan metode perbaikan menggunakan isolasi dasar. Bangunan yang bersifat vital seperti rumah sakit, gedung pemerintahan, sekolah dan gedung bersejarah diharapkan memiliki kinerja life safety, dimana struktur bangunan boleh rusak tetapi tidak runtuh. Untuk dapat memenuhi tingkat kinerja damage control ini, diperlukan suatu perbaikan struktur pada bangunan eksisting, salah satunya dengan teknologi isolasi dasar. Konsep dari isolasi dasar yakni meletakan bangunan diatas rollers yang bergerak tanpa gesekan. Ketika tanah bergetar, maka rollers akan bergerak dengan sendirinya dan bangunan diatasnya tidak ikut bergerak. Dengan menggunakan analisis riwayat waktu, akan menunjukkan struktur plastis bangunan eksisting konvensional yang sudah melampaui batas izin, sedangkan struktur plastis bangunan eksisting yang dipasang isolasi dasar dapat mereduksi energi gempa sehingga tidak melampaui batas izin.

Kata kunci: Isolasi Dasar, Bangunan Eksisting, Kinerja Struktur, Analisis Riwayat Waktu.


Ketersediaan

010805111600017624/APR/kPerpustakaan PusatTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
624/APR/k
Penerbit TS - FT Unjani : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
624
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
0017-TA/APR/k/2016
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this