Image of RANCANG BANGUN MESIN SORTIR BARANG MENGGUNAKAN BARCODE BERBASIS PLC

Skripsi

RANCANG BANGUN MESIN SORTIR BARANG MENGGUNAKAN BARCODE BERBASIS PLC



ABSTRAK

Sistem kendali otomasi dalam pemilahan barang guna menjaga kualitas produksi industri akan memberikan efisiensi waktu dan tenaga operator dibandingkan sistem kendali manual. Kategori pemilihan barang dapat diminimalkan dengan menggunakan barcode untuk mewakili beberapa data.

Penilitian tugas akhir ini membuat dan menguji sistem barcode berbasis PLC (Programmable Logic Controller) dengan pengontrolan dan monitoring menggunakan HMI (Human Machine Interface). Dalam melakukan pembacaan barcode dilakukan oleh barcode scanner yang dihubungkan arduino untuk melakukan pengkategorian. Setelah didapat kategori barcode tersebut maka PLC akan mengoperasikan motor pemilah mana yang akan bergerak. HMI digunakan untuk melakukan pengoperasian dan monitoring, serta digunakan untuk datalogger
dan data history. Mesin pemilah ini menggunakan arduino UNO yang dihubungkan dengan PLC CP1E dan HMI NB10W-TW01B dengan software pemograman Arduino IDE untuk arduino, CX-Programmer untuk PLC dan NB-Designer untuk HMI.

Rancang bangun pengujian tersebut dilakukan dengan hasil pada saat scanning dari 14 data barcode memiliki persentase 100%. Dalam melakukan pengujian terhadap 16 objek dengan data barcode yang berbeda juga memiliki persentase 87,5 %. Pengambilan jumlah data yang selesai di-scan dapat ditampilkan pada layar HMI dan dapat dipindahkan ke flashdisk secara offline dengan file berbentuk .CSV.

Kata Kunci : Arduino, barcode, HMI (Human Machine Interface), NB-Designer, PLC (Programmable Logic Controller)


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Jurusan Teknik Elektro Unjani : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this