Image of PROTOTYPE STRAIN GAUGE/LOAD CELL BERBASIS ARDUINO UNTUK SISTEM PENGAMAN BEBAN BERLEBIH PADA KEMDARAAN

Skripsi

PROTOTYPE STRAIN GAUGE/LOAD CELL BERBASIS ARDUINO UNTUK SISTEM PENGAMAN BEBAN BERLEBIH PADA KEMDARAAN



ABSTRAK

Seiring berkembangnya zaman berbanding lurus dengan berkembanganya teknologi yang berpengaruh pada segala bidang aspek kehidupan. Transportasi merupakan aspek yang sangat penting untuk menunjang bidang lainnya, dengan demikian dibutuhkan suatu inovasi yang harus diwujudkan. Kecelakaan yang terjadi pada kendaraan khususnya mobil pengangkut barang menjadi sebab umum diwujudkannya alat ini. Karena alat yang sudah ada dengan prinsip kerja yang sama namun tidak adanya tindakan padanya, maka alat yang dibuat harus lebih baik.

Dengan tujuan membuat sebuah inovasi yang dapat meminimalisir kecelakaan, menggunakan kombinasi antara mikrokontroler dengan sensor. Perancangan dari alat safety ini masih berupa prototyope, dengan memanfaatkan mobil mainan yang dimodifikasi sebagai bentuk mekaniknya, juga dengan komponen lain yang mewakili bentuk aslinya seperti rotary switch sebagai kontak dan lampu LED sebagai indicator mesin. Untuk penggunaan komponen elektronik seperti mikrokontroler arduino uno R3 dikombinasikan dengan sensor beban (load cell) dan sensor kemiringan (accelerometer), serta LCD 16x2 untuk display.

Software yang digunakan untuk pemrograman ini adalah software arduino IDE. Alat yang dibuat sesuai dengan harapan dalam segi fungsi yang diatur dalam program, melakukan tindakan pada prinsip timbangan dan kemiringan. Walaupun dalam hasil perhitungan atau perbandingan dengan datasheet ada kekurangan, namun tidak menjadikan alat ini tidak berfungsi. Kekurangan dengan selisih
tegangan 0,4 Volt dari datasheet yang seharusnya bernilai 5 Volt, dengan hasil pengukuran yang bernilai 4,6 Volt, berat beban bernilai 0,116 gram dari yang nilai datasheet yang seharusnya bernilai 199,984 gram dengan hasil pengukuran yang bernilai 199,868 gram, serta kinerja LED yang kurang baik memiliki kebocoran muatan listrik sebesar 1,2 Volt yang seharsnya 0 Volt pada posisi mati dan 1,6 Volt pada posisi menyala dan display karakter pada LCD 16x2 yang kurang maksimal.

Kata kunci: Arduino Uno R3, Accelerometer ADXL335, LCD 16x2, Load cell


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Jurusan Teknik Elektro Unjani : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this