Image of PENGARUH JENIS LARUTAN DAN TEMPERATUR PADA PROSES LEACHING TERHADAP BENEFISIASI TITANIUM DARI PASIR BESI DI CIKANGKUNG (SUKABUMI)

Skripsi

PENGARUH JENIS LARUTAN DAN TEMPERATUR PADA PROSES LEACHING TERHADAP BENEFISIASI TITANIUM DARI PASIR BESI DI CIKANGKUNG (SUKABUMI)



ABSTRAK
Salah satu sumber daya alam yang dimiliki oleh Indonesia adalah pasir besi, yang tersebar terdapat di sepanjang pantai selatan Jawa. Pasir besi merupakan mineral yang banyak mengandung senyawa besi oksida, misalnya magnetite (Fe 3 O 4 ), ilmenite (FeTiO 3 ), hematite (Fe 2 O 3 ) dan mineral lain. Jika diekstrak dengan baik terdapat kandungan yang berharga dalam pasir besi yaitu titanium. Kandungan titanium terdapat pada mineral ilmenite. Untuk meningkatkan unsur titanium dilakukan dengan proses benefisiasi. Benefisiasi yang dilakukan dengan pemisahan menggunakan alat magnetic separator dengan menggunakan medan magnet 3450,700, dan 250 gauss. Pada penelitian ini digunakan metode hidrometalurgi dengan cara proses leaching. Proses leaching dilakukan dengan melarutkan pasir besi dengan larutan asam. Variasi yang dilakukan yaitu variasi jenis larutan dan temperatur. Larutan yang digunakan yaitu asam asam klorida (HCl), asam sulfat (H 2 SO 4 ), dan asam nitrat (HNO 3 ) dengan konsentrasi yang sama yaitu 10 molar. Pada penelitian ini menggunakan temperatur yang berbeda yaitu 25°C, 50°C, dan 75°C pada waktu 4 jam. Hasil percobaan dari proses leaching bahwa persentase titanium sebesar 68.3561 % pada larutan HCl dengan konsentrasi 10 molar pada temperatur 75°C selama 4 jam, fraksi ukuran


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Jurusan Teknik Metalurgi : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this