Image of PENGARUH PROSES SOLUTION TREATMENT TERHADAP KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO PADA PADUAN Zr-12Mo DENGAN DOPING UNSUR NIOBIUM (Nb) DAN STANNUM (Sn)

Skripsi

PENGARUH PROSES SOLUTION TREATMENT TERHADAP KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO PADA PADUAN Zr-12Mo DENGAN DOPING UNSUR NIOBIUM (Nb) DAN STANNUM (Sn)



ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk meneliti efek solution treatment terhadap struktur mikro dan nilai kekerasan pada paduan Zr-Mo-Nb-Sn untuk biomaterial. Paduan zirconium dapat digunakan sebagai material implan. Variasi temperatur proses solution treatment pada paduan Zr-12Mo-1Nb-xSn (x=2 dan 4 %berat) adalah 900°C, 1050°C dan 1200°C dengan pendinginan cepat menggunakan air. Hasilnya menunjukan bahwa fasa α-Zr akan meningkat seiring dengan bertambahnya unsur stannum dan kenaikan temperatur solution treatment juga dapat meningkatkan nilai kekerasan paduan Zirkonium. Hal ini terjadi karena
stannum berperan sebagai penyetabil α dan proses solution treatment membentuk fasa-fasa intermetalik seperti Mo 2 Zr, Mo 2 Sn, Sn 4 Zr 5 dan Sn 3 Zr 5 . Hasil pengujian kekerasan menggunakan mesin uji Rockwell C dengan nilai kekerasan tertinggi dimiliki oleh paduan Zr-12Mo-1Nb-4Sn pada temperatur 1200°C sebesar 50.5 HRC. Fasa yang terbentuk adalah α-Zr, β-Zr dan fasa-fasa intermetalik seperti Sn 3 Zr 5 , Mo 2 Sn, Sn 4 Zr 5 dan Mo 2 Zr yang di identifikasi menggunakan X-Ray Diffraction (XRD).

Kata Kunci : Paduan Zr-12Mo-1Nb-xSn, solution treatment, fasa intermetalik.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Jurusan Teknik Metalurgi : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this