Image of PROTOTIPE OTOMASI INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH DENGAN PLC AUTONIC LP-S070

Skripsi

PROTOTIPE OTOMASI INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH DENGAN PLC AUTONIC LP-S070



ABSTRAK

Penelitian ini merupakan pengembangan sistem pada proses Instalasi Pengolahan Air Limbah di salah satu perusahaan farmasi di bandung, pengembangan yang dilakukan adalah mengganti sistem yang semula manual menjadi otomatis dengan menggunakan PLC sebagai pengontrolnya. Instalasi Pengolahan Air Limbah memiliki proses untuk mengubah air limbah menjadi air bersih yang layak buang ke lingkungan tanpa merusaknya.

Pada sistem ini memiliki sistem kerja menjalankan proses instalasi Pengolahan Air Limbah dari Antarmuka sebagai media pengganti saklar dan diproses dengan PLC. PLC yang digunakan adalah Autonics LP-S070, kelebihan dari PLC ini adalah menjadi satu antara PLC dengan HMI. Didalam sytem terdapat sensor yang digunakan yaitu sensor pelampung sebagai pengontrol dari volume air yang terdapat pada bak dan tanki air limbah.

Hasil pengujian dapat menjalankan proses Instalasi Pengolahan Air Limbah dengan baik. Terdapat 2 metode untuk menjalankan sistem ini yaitu Metode otomatis sistem Instalasi Pengolahan Air Limbah menggunakan satuan waktu
PLC yaitu ms (mili second) untuk menjalankan pompa dan untuk manual hanya menekan saklar pada HMI dan pompa akan bekerja. Catu daya pada sistem ini menggunakan catu daya dari omron dengan persentase error sebesar 1 %. Keluaran PLC adalah aktif low atau keluaran berupa tegangan minus / 0 VDC dari catu daya dan setelah di lakukan pengujian tidak terdapat error untuk keluaran dari PLC sehingga PLC dapat bekerja dengan baik.

Kata kunci: Instalasi Pengolahan Air Limbah, PLC, Autonics LP-S070, HMI, Air Limbah


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Jurusan Teknik Elektro Unjani : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this