Image of RANCANG BANGUN SISTEM SUN TRACKING DAN CLEANNER SOLAR CELL BERBASIS MIKROKONTROLLER ATMEGA 328P

Skripsi

RANCANG BANGUN SISTEM SUN TRACKING DAN CLEANNER SOLAR CELL BERBASIS MIKROKONTROLLER ATMEGA 328P



ABSTRAK

Sel surya akan menghasilkan energi maksimal pada saat posisi matahari tegak lurus terhadap permukaan sel surya. Sel surya membutuhkan suatu sistem pencari arah pergerakan matahari atau yang disebut dengan “Sun Tranckin” serta dikombinasi dengan sistem “Cleaner Solar Cell”. Digunakan sistem tersebut agar solar cell dapat bekerja secara maksimal dan menghasilkan tegangan maksimal sesuai dengan spesifikasi.

Berdasarkan pengumpulan data dan studi literatur yang telah dilakukan maka dipilih rancang bangun sun tracker dan pembersih solar cell menggunakan mikrokontroler Atmega 328. Sensor LDR berfungsi sebagai pendeteksi cahaya sedangkan motor stepper berfungsi sebagai penggerak dan motor servo sebagai penggerak juga. Untuk pembersih solar cell motor DC berfungsi untuk menggerakan wiper dan pompa berfungsi untuk mengeluakan air agar solar cell dapat bersih secara maksimal.

Hasil dari pengujian dan pengukuran terdapat perbedaan tegangan pada setiap komponen nya, dan setiap sensor keluaran resistansi nya pun berbeda. Resistansi yang keluar pada sensor dengan nilai rata – rata sebesar 390 ohm sampai 420 ohm. Dengan tegangan motor servo sebesar 4,38V. Motor stepper berputar bila sensor tidak mendeteksi cahaya. Motor DC dan pompa akan berfungsi bila delay waktu yang ditentukan sudah mencapai target yang diinginkan.

Kata Kunci : Solar Cell, Sensor LDR, Mikrokontroler Atmega 328, Motor Stepper, Motor DC, Motor Servo, Pompa Air


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Jurusan Teknik Elektro Unjani : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this