Image of PERANCANGAN MATERIAL DIELEKTRIK BUATAN BERBASIS ARRAY-SLOTTED MILIWIRES PADA WAVEGUIDE FILTER DENGAN MODE TE10

Skripsi

PERANCANGAN MATERIAL DIELEKTRIK BUATAN BERBASIS ARRAY-SLOTTED MILIWIRES PADA WAVEGUIDE FILTER DENGAN MODE TE10



ABSTRAK

Perkembangan teknologi terkait dengan perangkat telekomunikasi semakin banyak penelitian dalam meningkatkan performansinya. Salah satu metode yang digunakan adalah menggunakan bahan dielektrik. Penggunaan bahan dielektrik banyak diterapkan diberbagai perangkat telekomunikasi seperti antenna ataupun filter. Pada filter dielektrik memiliki kemampuan untuk mengubah respon kerja dari filter tersebut, namun dielektrik memiliki keterbatasan akibat karakteristik dielektrik itu sendiri baik dari sisi dimensi maupun dari sifat bahannya. Oleh karena itu, agar dapat merubahrubah sifat dari dielektrik itu sendiri digunakan komponen tambahan berupa logam agar dapat memodifikasi dielektrik itu sendiri menjadi dielektrik buatan.

Pada penelitian ini akan dilakukan pembuatan filter menggunakan dielektrik buatan yaitu Array-Slotted Miliwires dengan menyisipkan kawat tembaga kedalam bahan dielektrik FR-4. Karakteristik bahan dielektrik buatan terhadap respon kerja filter diamati dengan mengubah-ubah property dari wires tersebut yaitu tinggi, jumlah, dan jarak antar wires.

Hasil rancangan untuk direalisasikan kebentuk hardware diperoleh dengan nilai S11= -16,6 dB dan S21= -0,26 dB pada frekuensi 3,5 GHz. Hasil pengukuran diperoleh respon kerja filter pada frekuensi 4,2 GHz dengan nilai S11= -26,95 dB dan S21 = - 8,44 dB. Perbedaan dari hasil simulasi dan pengukuran dianalisa akibat penggunaan perekat menyebabkan penurunan nilai permitivitas bahan.

Kata kunci : Dielektrik, Respon Filter, Ansoft HFSS


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Jurusan Teknik Elektro Unjani : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this