Image of Perencanaan Strategi Pengembangan Bisnis Dalam Menghadapi Persaingan Dengan Analisis Swot Dan Bcg (Studi Pengembangan Bisnis Di Cv.Ciharuman Laundry)

Skripsi

Perencanaan Strategi Pengembangan Bisnis Dalam Menghadapi Persaingan Dengan Analisis Swot Dan Bcg (Studi Pengembangan Bisnis Di Cv.Ciharuman Laundry)



CV.Ciharuman Laundry (CV.CHL) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri washing produk jeans yang berlokasi di Kabupaten Bandung. Saat ini perusahaan mengalami penurunan penjualan dan mengalami kerugian . Dari beberapa tahun kebelakang sampai dengan saat ini banyak perusahaan pesaing di Kabupaten Bandung bermunculan hingga jumlahnya mencapai 16 perusahaan. Untuk mengahadapi banyaknya pesaing tersebut, CV.CHL harus mempunyai strategi yang tepat dengan memperhatikan faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal mengacu kepada aktivitas aktivitas Rantai Nilai Porter (1985). Faktor eksternal mengacu kepada Five Force’s Model Porter (1985) dan Lingkungan Makro dari Nilasari (2014). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapat dari hasil wawancara,kuesioner, dan survey lapangan secara real sedangkan data sekunder didapat dari sumber literatur. Metode yang digunakan untuk merancang strategi perusahaan yaitu analisis SWOT yang berguna untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang , dan ancaman yang dihadapi perusahaan. Kemudian matriks BCG untuk mengetahui posisi perusahaan dalam persaingan di industri. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat enam point kekuatan dan tujuh point kelemahan yang dimiliki perusahaan yang berasal dari faktor internal. Selain itu terdapat enam point peluang dan lima point ancaman yang datang dari lingkungan eksternal perusahaan. Setelah semua point dicocokan, menghasilkan titik koordinat (1,06 : 0,68) pada diagram matriks SWOT yang menempatkan perusahaan pada posisi Kuadran I artinya perusahaan sebaiknya melakukan strategi Agressif dalam memanfaatkan pangsa pasar yang sedang tumbuh dengan pesat. Sedangkan pada analisis BCG dilakukan perbandingan antara perusahaan dengan Top Competitor yaitu PT.TRI AW melalui perhitungan pangsa pasar relatif dan pertumbuhan pasar yang menempatkan perusahaan pada posisi Question Marks dalam artian bisnis pada posisi ini menghadapi pertumbuhan pasar yang cepat namun dengan pangsa pasar relatif yang menurun. Terdapat 5 poin strategi terpilih yang dihasilkan oleh kedua alat analisis dan 20 alternatif strategi berupa rencana aksi yang dapat diterapkan CV.CHL untung mengembangkan bisnisnya dan menghadapi persaingan industri sejenis.


Ketersediaan

010806111600021670/IRD/sPerpustakaan PusatTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
670/IRD/s
Penerbit TI - FT Unjani : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
670
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
0021-TA/670/IRD/s/2016
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this