Image of STUDI EVALUASI SETTING RELAY ARUS LEBIH DAN RELAY GANGGUAN TANAH PADA PENYULANG 20 kV DI GI PINAYUNGAN

Skripsi

STUDI EVALUASI SETTING RELAY ARUS LEBIH DAN RELAY GANGGUAN TANAH PADA PENYULANG 20 kV DI GI PINAYUNGAN



ABSTRAK

Suatu sistem tenaga listrik terdiri dari susunan pembangkit, transmisi dan distribusi. Kontinuitas penyaluran energi listrik harus terjaga keandalannya seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan energi listrik. Gangguan yang sering terjadi pada sistem distribusi bersifat temporer yaitu berupa gangguan hubung singkat 3 fasa, 2 fasa dan 1 fasa. Untuk menangani gangguan tersebut, diperlukan sistem proteksi yang dapat menangani dampak gangguan yang semakin meluas.

OCR dan GFR merupakan relay yang dipasang pada sisi incoming sistem distribusi 20 kV dan penyulang untuk menangani dampak gangguan arus hubung singkat yang muncul. Koordinasi setting yang baik baik di sisi incoming maupun di sisi penyulang diperlukan untuk menjaga keandalan proteksinya. Metode yang dilakukan pada penelitian ini berupa perhitungan evaluasi setting relay dan pemodelan simulasi untuk mengetahui koordinasi relay menggunakan ETAP 12.6. Perhitungan dilakukan terhadap arus hubung singkat, setting OCR dan GFR berupa waktu kerja dan arus pada masing-masing relay. Kemudian hasil evaluasi perhitungan dan simulasi dibandingkan dengan data exsiting lapangan.

Hasil perhitungan arus hubung singkat baik untuk hubung singkat 3 fasa, 2 fasa dan 1 fasa ke tanah, semakin jauh dengan GI maka arus hubung singkat semakin kecil dan sebaliknya. Evaluasi setting OCR pada sisi incoming didapat Iset = 4,547 A dan tset = 0,195 detik. Sedangkan pada GFR pada sisi incoming di dapat Iset = 0,28 A dan tset = 0,219 detik. Untuk OCR sisi penyulang Iset = 0,67 A dan tset = 0,160 detik. Untuk GFR sisi penyulang Iset = 0,561 A dan tset = 0,102 detik. Ketika dibandingkan dengan data lapangan menunjukan bahwa masih dalam kondisi yang sesuai, pada perhitungan setting arus di incoming sebesar 4,547 A dan di lapangan sebesar 4,879 A. Pada perhitungan evaluasi setting waktu OCR/GFR menunjukan setting yang ada di lapangan kurang baik, yaitu setting waktu pada OCR dan GFR penyulang dengan waktu masing-masing 0,19 detik. Sehingga perlu diubah sesuai hasil evaluasi perhitungan.

Kata kunci: Gangguan hubung singkat, GFR, OCR setting relay.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Jurusan Teknik Elektro Unjani : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this