Image of PEMANFAATAN PANAS PADA KOMPOR GAS SEBAGAI ENERGI ALTERNATIF MENGGUNAKAN GENERATOR TERMOELEKTRIK

Skripsi

PEMANFAATAN PANAS PADA KOMPOR GAS SEBAGAI ENERGI ALTERNATIF MENGGUNAKAN GENERATOR TERMOELEKTRIK



ABSTRAK

Pada saat ini pertumbuhan manusia yang semakin hari semakin meningkat maka kebutuhan energi listriknya pun semakin meningkat, sedangkan sumber daya alam yang ada pada perut bumi semakin lama akan semakin habis. Saat ini banyak inovasi-inovasi baru untuk membuat energi alternatif, salah satunya ialah generator termoelektrik. Dengan adanya teori efek seebeck, generator termoelektrik ini memanfaatkan energi panas dari kompor gas LPG (Liquified Petroleum Gas) menjadi energi listrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prinsip kerja dari generator termoelektrik, merancang dan menganalisis pembangkit listrik dengan menggunakan generator termoelektrik.

Penelitian ini menggunakan peltier tipe TEC1-12706 sebanyak 2buah, menggunakan kompor sebagai sumber energi panas, dan ice gel pack sebagai pendingin. Penghantar panas dari kompor ke peltier menggunakan plat besi dan seng sebagai penghantar dingin.

Hasil penelitian menunjukkan panas maksimal dari kompor ialah 100 , dan suhu terendah pada ice gel pack ialah 4 . Arus maksimal yang dihasilkan dari rangkaian dengan menggunakan 2 buah peltier yang dirangkai seri sebesar 19,90mA, dan tegangan maksimal yang dihasilkan 3,12V. Dari hasil ini dapat disimpulkan, Termoelektrik dapat menghasilkan listrik dengan adanya perbedaan temperatur.

Kata kunci: Efek Seebeck, Perbedaan Temperatur, Termoelektrik.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Jurusan Teknik Elektro Unjani : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this