Image of SISTEM MONITORING DAN CONTROLLING PADA GREENHOUSE BERBASIS IoTMENGGUNAKAN ANDROID

Skripsi

SISTEM MONITORING DAN CONTROLLING PADA GREENHOUSE BERBASIS IoTMENGGUNAKAN ANDROID



ABSTRAK

Di Indonesia banyak petani yang menggunakan greenhouse sebagai tempat untuk bercocok tanam. Salah satu masalah utama dari para petani greenhouse di Indonesia adalah pengelolaan waktu ketika mereka mengolah lahan dan teknologi itu sendiri. Monitoring dan controlling pada greenhouse perlu dilakukan secara otomatis dan dapat dikendalikan dari jarak jauh.

Sistem monitoring dan kontrol pada greenhouse dapat diaplikasikan dengan Sistem Monitoring dan Controlling pada Grenhouse berbasis IoT menggunakan android. Mikrokontroler Arduino Mega2560 sebagai pengolah data untuk mengendalikan output berdasarkan input yang didapat, modul pH Air Ph-4502C digunakan sebagai monitoring tingkat keasaman dari air untuk penyiraman, sensor DHT11 digunakan sebagai monitoring suhu dan kelembaban di dalam greenhouse, sensor water level digunakan untuk monitoring ketinggian air di dalam tanki air dan sensor moisture untuk monitoring kelembaban dalam tanah.

Hasil dari penelitian ini terdapat beberapa perbedaan beberapa sensor dengan alat kalibrasi, diantaranya yaitu sensor DHT11 dan thermometer terdapat rata - rata selisih 0,24% dan error rata - rata 0,888% , untuk tingkat keasaman pada air yaitu 8,18. Sensor moisture mendapatkan hasil pada saat tanah kering terbaca dengan nilai 17% dan basah 35% dan pada sensor water level saat kosong tegangan pada
output sensor hanya sebesar 0,98 volt pada bit 200 dan pada saat terisi ketinggian 2,12cm tegangan yang dihasilkan adalah 2,65 volt dan bitnya adalah 543.

Kata Kunci : Monitoring Suhu DanKelembaban, Kontrol,Mikrokontroler.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Jurusan Teknik Elektro Unjani : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this