Image of RANCANG BANGUN SISTEM KONTROL GERAK KURSI RODA MENGGUNAKAN GERAK PERGELANGAN TANGAN BERBASIS SENSOR MPU-6050

Skripsi

RANCANG BANGUN SISTEM KONTROL GERAK KURSI RODA MENGGUNAKAN GERAK PERGELANGAN TANGAN BERBASIS SENSOR MPU-6050



ABSTRAK

Penyandang disabilitas di Indonesia meningkat setiap tahunnya, maka dari itu banyak peneliti menciptakan alat bantu yang bertujuan untuk membantu penyadang disabilitas agar dapat berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lainnya berdasarkan kesamaan hak. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis ingin membuat “rancang bangun sistem kontrol gerak kursi roda menggunakan gerak pergelangan tangan berbasis sensor mpu-6050”. Percangan sistem gerak kursi roda mengunakan body language (gerakan tangan) berbasis sensor accelerometer untuk pengembangan instrument biomedika.

Peracangan ini mengimplementasikan gerakan tangan ke atas, ke bawah, ke kiri, dan ke kanan yang akan di baca oleh sensor accelerometer dan di olah oleh arduino sebagai mikrokontroler. Untuk membuat alat ini menggunakan motor dc 24volt, motor driver bts6050, sensor accelerometer mpu-6050, arduino uno, arduino mega, nrf24l01 sebagai transmitter dan receiver.

Hasil pengujian menunjukan sistem berfungsi dengan baik. Sensor mpu-6050 dapat mendeteksi gerakan tangan dengan akurat 99%. Data yang diberikan dari hasil percobaan oleh gerakan tangan dapat dibaca oleh system dengan nilai persentase 99%, sehingga sistem kursi roda dapat bergerak sesuai dengan keinginan.

Kata kunci : Sesnor MPU-6050, Wireless NRF24L01, Arduino, dan Motor DC


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Jurusan Teknik Elektro Unjani : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this