Image of Analisa Pengaruh Variasi Fraksi Volume Serat terhadae Sifat Mekanik Komeosit Eeoksi Bereenguat Serat Bambu Tali  Gigantochloa Apus)”

Skripsi

Analisa Pengaruh Variasi Fraksi Volume Serat terhadae Sifat Mekanik Komeosit Eeoksi Bereenguat Serat Bambu Tali Gigantochloa Apus)”



ABSTRAK
Pada penelitian ini, komposit terbuat dari matriks resin epoksi dan penguat serat bambu Tali dengan variasi fraksi volume serat yaitu 25%, 30%, 45% dan 50% dengan orientasi serat bersifat diskontinyu dan acak. Serat bambu Tali yang digunakan telah dialkalisasi dalam larutan NaOH 5% dan memiliki diameter serat yang bervariasi yaitu 0,05-0,1 mm dan panjang serat 15 mm. Komposit dibuat selama 1 jam menggunakan metode hot pressing dengan tekanan sebesar 196,2 bar dan temperatur sebesar 70ºC. Pengujian komposit dilakukan pada mesin universal INSTRON 5982 berkapasitas 10 ton. Pengujian komposit yang dilakukan adalah pengujian tarik dan lentur dengan mengacu pada standar masing-masing yaitu ASTM D638-03 dan ASTM D790-03. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semakin besar fraksi volume serat bambu Tali maka semakin kecil kekuatan tarik dan lentur. Komposit dengan fraksi volume serat 25% memiliki sifat mekanik yang lebih tinggi yaitu kekuatan tarik dan lentur masing-masing sebesar 38,03 MPa dan 49,93 MPa. Hal ini berbanding terbalik terhadap teori yang menyatakan bahwa semakin tinggi fraksi volume maka semakin tinggi sifat mekaniknya. Sehingga dapat dianalisa bahwa faktor-faktor yang menyebabkan penurunan sifat mekanik komposit adalah banyaknya void dan ketidakseragaman diameter serat bambu Tali.

Kata Kunci: Komposit, fraksi volume, serat bambu Tali, epoksi, hot press, kekuatan tarik, flexural strength


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Jurusan Teknik Metalurgi : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this