Image of PEMBUATAN DAN PERANCANGAN AUTOMATIC TRANSFER SWITCH GENERATOR SET 2000 KVA BERBASIS TIME DELAY RELAY

Skripsi

PEMBUATAN DAN PERANCANGAN AUTOMATIC TRANSFER SWITCH GENERATOR SET 2000 KVA BERBASIS TIME DELAY RELAY



ABSTRAK

Ketersediaan energi listrik merupakan merupakan salah satu faktor penting ditengah perkembangan teknologi yang sangat pesat. Karena sistem kelistrikan yang sangat kompleks, mulai dari pusat pembangkitan hingga sampai ke konsumen, maka besar kemungkinan akan terjadi gangguan yang bisa menyebabkan aliran daya ke konsumen terputus. Namun pada konsumen tertentu seperti pabrik, aliran daya listrik tidak boleh terputus dalam waktu yang lama karena dapat menghambat proses produksi. Sehingga dibutuhkan suplai tambahan untuk mengantisipasi ketika aliran daya dari jaringan listrik utama (PLN) terputus. Biasanya dipasang Genset (Generator Set) dengan kapasitas daya yang besar. Pada penelitian ini bertujuan untuk membuat alat Automatic Transfer Switch (ATS) yang akan menghidupkan genset ketika sumber listrik PLN padam serta mematikan genset ketika sumber listrik PLN kembali menyala.

Automatic Transfer Switch terdiri dari komponen utama seperti pengaman MCB, Kontaktor, Relay dan Time Delay Relay. Sistem ini bekerja untuk memindahkan suplai listrik secara otomatis dengan menggunakan kontaktor dan timer sebagai
penghitung waktu perpindahan sumber. Kemudian rangkaian disimulasikan dengan menggunakan Software Fluid-SimP untuk memastikan rangkaian bekerja dengan baik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ATS bekerja memindahkan suplai PLN ke Genset atau sebaliknya dengan delay selama 10 detik. Daya yang dihasilkan dari suplai Genset lebih stabil dari pada suplai dari PLN. ATS yang dibuat memiliki delay ketika sumber utama padam, untuk mentiadakan delay tersebut dapat dipasang alat yang disebut FlyWheel yang dapat menyimpan energi ketika sumber utama padam.

Kata kunci : Automatic Transfer Switch, Komponen ATS, Software Fluid-SimP, Time Delay Relay


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Jurusan Teknik Elektro Unjani : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this