Image of ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN GENERATOR TYPE WET CELL DENGAN VARIASI BENTUK PENAMPANG PADA ENGINE SUPRA X 125R (2006)

Skripsi

ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN GENERATOR TYPE WET CELL DENGAN VARIASI BENTUK PENAMPANG PADA ENGINE SUPRA X 125R (2006)



ABSTRAK

Motor bakar merupakan salah satu jenis mesin penggerak yang banyak dipakai dengan memanfaatkan energi kalor dari proses pembakaran menjadi energi mekanik. Kebutuhan akan energi semakin besar, terutama bahan bakar minyak yang jumlah pemakaiannya sangat besar. Maka tujuan dari penelitian ini adalah menambahkan Generator pada engine supra x 125R untuk
mengurangi konsumsi bahan bakar dengan cara mengelektrolisis. Dengan proses eletrolisis air dapat dipecah menjadi unsur dasarnya hidrogen dan oksigen. Metode penelitian ini diawali dengan pemilihan bentuk dan ukuran dari penampang elektroda, kemudian dilakukan penetapan parameter seperti arus, tegangan yang nantinya akan dialiri menuju penampang elektroda melalui kabel, kemudian generator tersebut diaplikasikan terhadap engine Supra X 125R, kemdian dilakukan perhitungan secara teoritis dan melakukan pembahasan dari hasil penelitian. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa laju produksi gas sebesar 8,18 x kg/detik dengan daya yang digunakan sebesar 36 watt, kemudian didapatkan efisiensi dari generator sebesar 55,32 % yang mampu mengurangi konsumsi bahan bakar sebesar 6,01 %.

Kata kunci: Generator , elektrolisis, supra x 125R


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit JURUSAN TEKNIK MESIN : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this