Detail Cantuman
Advanced SearchArtikel Jurnal
PAHAMI JEJAK KARBON ANDA DAN PENTINGNYA PRODUK BERKELANJUTAN: RAMAH BAGI ALAM DAN SESAMA
Abstrak
Aktivitas manusia modern saat ini cenderung berdampak buruk terhadap lingkungan bahkan berkontribusi terhadap perubahan iklim dan mengakibatkan pemanasan global. Hal tersebut diakibatkan oleh jejak karbon yang berupa emisi yang dihasilkan dari aktivitas manusia atau organisasi sehari-hari. Jejak karbon juga dihasilkan dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Konsumsi produk ramah lingkungan atau produk berkelanjutan merupakan salah satu solusi manusia dalam menghadapi masalah ini. Mengurangi jejak karbon bisa dengan cara menanam pohon, mendaur ulang produk dan menggunakan produk dengan teknologi hemat energi. Beberapa ciri produk ramah lingkungan atau berkelanjutan
diantaranya adalah berasal dari praktek budidaya serta pemanenan, daur ulang, berbahan baku organik atau alami, efisien dalam penggunaan energi, air, juga bahan bakar, dapat digunakan ulang atau didaur ulang, dapat diurai, serta aman jika dibuang. Beberapa tindakan yang dapat membantu mengurangi jejak karbon, yaitu dengan cara (1) mengenali produk yang kita beli atau konsumsi,(2) mengenali dan memahami isi kandungan produk yang kita beli atau konsumsi, (3) menggunakan produk berbahan baku atau dasar organik atau alami, (4) mengurangi emisi karbon dari aktivitas sehari-hari, (5) melakukan aktivitas daur ulang, dan (6) menggunakan atau memperbaiki produk-produk yang masih dapat digunakan atau diperbaiki. Maka marilah secara berangsur kita mulai beralih menggunakan produk berkelanjutan yang secara umum ditandai dengan ciri-ciri (1) berbahan baku alami atau 164Pahami Jejak Karbon Anda Dan Pentingnya Produk Berkelanjutan: Ramah Bagi Alam Dan
Sesama organik, (2) mempunyai kemasan yang ramah lingkungan, (3) dapat digunakan ulang atau relatif tahan lama, (4) dapat didaur ulang, (5) apabila dibuang tidak mencemari lingkungan, serta (6) mempunyai jejak karbon rendah
Kata Kunci: jejak karbon, produk berkelanjutan, berkelanjutan, pemasaran berkelanjutan, perilaku berkelanjutan
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
-
|
Penerbit | FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS : CIMAHI., 2018 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
1829 -7188
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
text
|
Tipe Media |
digital
|
---|---|
Tipe Pembawa |
computer disc
|
Edisi |
Volume 15 No. 2,
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain