Image of PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PASIEN UMUM NON ASURANSI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT SWASTA TIPE C

Skripsi

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PASIEN UMUM NON ASURANSI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT SWASTA TIPE C



RINGKASAN
Persaingan usaha di bidang jasa pelayanan kesehatan rumah sakit semakin kompetitif, baik rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit swasta bersaing secara kualitas. Sebagaimana kualitas yang baik akan memberikan kepuasan terhadap pasien
dan dengan demikian dapat membuat pasien menjadi loyal. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas yang dimediasi oleh kepuasan pasien rawat jalan rumah sakit swasta tipe C. Penelitian ini ilakukan di rumah sakit swasta tipe C yang berada di Kota Cimahi Populasi dalam penelitian ini pasien instalasi rawat jalan rumah sakit swasta tipe C di Kota Cimahi. Jumlah sampel diambil sebanyak 90 responden. Alat analisis yang digunakan uji instrumen data (uji validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik, dan uji Sobel. Hasil dari penelitian ini 1) Dari kelima dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari tangibility, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy hanya dimensi assurance dan empathy yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, 2) Dari kelima dimensi kualitas pelayanan hanya dimensi assurance yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas, 3) kepuasan pasien tidak memediasi pengaruh dari kelima dimensi kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien rumah sakit swasta tipe C di Kota Cimahi.

Kata kunci: kepuasan pasien, kualitas pelayanan, loyalitas pasien, variabel mediasi.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Ekonomi/Manajemen : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this