Image of IMPLEMENTASI SENSOR DS18B20 UNTUK MONITORING SUHU PADA AIR

Skripsi

IMPLEMENTASI SENSOR DS18B20 UNTUK MONITORING SUHU PADA AIR



ABSTRAK

Internet telah berkembang pesat untuk saat sekarang ini. Hanya tidak semua industri telah memanfaatkan kemajuan dari internet. Salah satu pemanfaatan internet adalah me-monitoring suatu parameter secara online. Dengan begitu me-monitoring suatu parameter bisa sangat mudah. Monitoring bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja asal ada sambungan internet.
Telah dilakukan perancangan sistem. Alat ini dapat dimanfaatkan sebagai sistem pengontrol suhu air otomatis dan pe- onitoring suhu air secara online. Sistem ini terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras terdiri atas sebuah mikrokontroler, sensor DS18B20, sensor ultrasonic, LCD (Liquid Cristal Display), dan modul relay. Perangkat lunak pada sistem ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrogram C. Program aplikasi ini bekerja pada saat dinyalakan maka akan menampilkan suhu yang terdeteksi oleh sensor DS18B20 dan tinggi yang terdeteksi oleh sensor ultrasonic pada LCD dan web-based Thingspeak. Memasukkan setpoint suhu yang diinginkan melalui softwere program pada PC yang di koneksikan dengan
mikrokontroler dan proses eksekusi dilakukan oleh m krokontroler untuk menentukan berapa suhu dalam air. Setelah setpoint suhu dimasukkan maka nilai suhu akan di sesuaikan dengan setpoint, jika suhu sudah mencapai setpoint yang di inginkan maka heater akan off dan jika suhu berada di bawah setpoint maka heater akan on. Suhu yang ditentukan akan bertahan sesuai range yang di setting.

Kata kunci : monitoring, otomatis, parameter, setpoint , sistem, suhu


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Jursan Teknik Elektto : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this