Image of KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DALAM PENGELOLAAN PASAR DESA DI DESA TALAGASARI KECAMATAN TELAGASARI KABUPATEN KARAWANG

Skripsi

KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DALAM PENGELOLAAN PASAR DESA DI DESA TALAGASARI KECAMATAN TELAGASARI KABUPATEN KARAWANG



ABSTRAK

Identifikasi masalah bagaimana Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Pengelolaan Pasar Desa di Desa Talagasari Kabupaten Karawang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kepemimpinan Kepala Desa dalam pengelolaan Pasar Desa di Desa Talagasari Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan sebanyak 5 orang, meliputi: (1) Kepala Desa Talagasari, (2) Sekertaris Desa Talagasari, (3) Kepala Pasar Talagasari, (4) Pedagang, (5) Masyarakat. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, studi lapangan dan penggunaan dokumentasi. Teknik analisis data melalui studi pendahuluan, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Pengelolaan Pasar Desa di Desa Talagasari Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang dapat dikatakan kurang optimal. Hal tersebut dikarenakan (1) Belum adanya tindakan yang signifikan dari Kepala Desa Talagasari dalam merumuskan dan perealisasiannya perencanaan dan pengorganisasian terkait pengelolaan pasar Desa. (2) Kurang optimal dalam hal memfasilitasi sarana dan prasarana yang memadai di pasar Desa tersebut (3) Kurangnya penyebaran informasi yang dilakukan oleh Kepala Desa. (4) pemecahan masalah yang dilakukan oleh pemimpin ini juga dirasa belum sepenuhnya menyelesaikan masalah. Masih terdapat permasalahan – permasalahan yang masih terkendala dan belum bisa diselesaikan sepenuhnya. Contohnya adalah dalam pengelolaan sampah dihasilkan dari pasar, pedagang yang sulit ketika ditagih uang retribusi, sarana dan prasarana pasar, dan manajemen dari pengelolaannya itu sendiri.

Kata Kunci : Kepemimpinan, Kepala Desa, Pasar Desa


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit IP - FISIP Unjani : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this