Detail Cantuman
Advanced SearchSkripsi
KONTRIBUSI QUALITY OF FRIENDSHIP TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI DI UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD YANI KOTA CIMAHI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar kontribusi kualitas persahaban terhadap IPK mahasiswa aktif Fakultas Psikologi Universitas Jenderal Achmad Yani. Teori yang digunakan yaitu teori Quality Of Friendship dari Aboud & Mendelson, 1996. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kontribusi dengan proses pengambilan data menggunakan kuisioner. Hasil uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach sebesar 0.922 dan validitas menggunakan uji validitas
konstrak dengan model Rarsch dan koefisien validitas dengan rentang yaitu 0.40 - 0.672. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan yaitu dengan Proportionate Cluster Sampling dan didapatkan sebanyak 259 orang mahasiswa aktif Fakultas Psikologi
Universitas Jenderal Achmad Yaniangkatan 2015, 2016, 2017, 2018 yang terdiri dari 75 orang mahasiswa laki-laki dan 184 orang
mahasiswa perempuan. Teknik analisa data utama pada penelitian ini menggunakan Analisa Regresi Linier. Berdasarkan hasil uji linier tersebut didapatkan hasil Adjusted R Square sebesar 0.008 atau 0.8% yang artinya tidak terdapat kontribusi yang signifikan dari Quality Of Friendship terhadap prestasi akademik (IPK) Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Jenderal Achmad Yani. Teknik analisa data penunjang untuk uji beda setiap angkatan menggunakan One Way Annova, dengan Asymp Sig 0.101 > 0.05 artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara skor total Quality of Friendship terhadap pencapaian IPK ditiap angkata mahasiswa aktif yang menjadi responden penelitian ini, untuk uji beda berdasarkan jenis kelamin menggunakan Independent Sample T-Test dengan signifikansi 2 arah (t-tailed) 0.216 > 0.05 dan 0.228 > 0.05 yang artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara skor total Quality Of Friendship terhadap pencapaian IPK mahasiswa laki-laki dan perempuan. Dalam penelitian ini juga dilihat faktor lain yang dapat
mempengaruhi pencapaian prestasi akademik (IPK). Hasilnya sebagian besar subjek berpendapat diri sendiri yang mempengaruhi
prestasi akademik mereka, lalu orangtua sedangkan hanya sedikit dari subjek yang memilih teman sebagai factor yang mempengaruhi pencapaian prestasi mereka. Faktor kualitas Persahabatan berkontribusi rendah bisa jadi dikarenakan peneliti tidak melihat fenomena secara utuh dan ada faktor lain yang lebih mempengaruhi pencapaian prestasi akademik selain faktor teman. Dengan demikian saran dari penelitian ini adalah untuk mencapai IPK yang tinggi seseorang bisa meningkatkan motivasi dan kesadaran diri.
Kata kunci: Quality Of Friendship, IPK, angkatan, jenis kelamin.
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
-
|
Penerbit | FAKULTAS PSIKOLOGI : CIMAHI., 2019 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
text
|
Tipe Media |
digital
|
---|---|
Tipe Pembawa |
computer disc
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain