Image of PENGARUH PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN DAERAH DAN AKSESIBILITAS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI KEUANGAN DAERAH (Studi Empiris di Pemerintah Kota Cimahi)

Skripsi

PENGARUH PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN DAERAH DAN AKSESIBILITAS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI KEUANGAN DAERAH (Studi Empiris di Pemerintah Kota Cimahi)



ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) Pengaruh penyajian laporan keuangan daerah terhadap penggunaan informasi keuangan daerah. (2) Pengaruh aksesibilitas laporan keuangan terhadap penggunaan informasi keuangan daerah. Penelitian ini dilakukan di Pemerintah Kota Cimahi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna laporan keuangan yaitu Bendahara di Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) yang ada di Kota Cimahi yaitu sebanyak 15 SKPD dengan total populasi 50. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Adapun jumlah sampel pada penelitian ini adalah 35 orang. Untuk penelitian ini data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda dengan alat program statistic (SPSS 24), setelah uji asumsi klasik terpenuhi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penyajian laporan keuangan daerah terhadap penggunaan informasi keuangan daerah yang ditunjukkan pada tingkat signifikansi dibawah 0,05 (0,000 < 0,05). (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara
aksesibilitas laporan keuangan terhadap penggunaan informasi keuangan daerah yang ditunjukkan pada tingkat signifikansi
dibawah 0,05 (0,000 < 0,05)

Kata Kunci: Penyajian laporan keuangan, Aksesibilitas laporan keuangan, Penggunaan informasi keuangan daerah


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Jurusan Akuntasi : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this