Detail Cantuman
Advanced SearchSkripsi
PENGARUH BRAND IMAGE OCEAN FRESH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN PEREMPUAN DI WILAYAH BANDUNG
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya merek-merek kosmetik yang beredar di pasaran dan banyaknya merek lokal yang muncul dan tenggelam dalam industri kosmetik. Salah satu faktor yang penting untuk menarik dan mempertahankan
konsumen ialah Brand Image. Brand Image terdiri dari tiga komponen, yaitu Brand Recognition, Attitude Toward the Brand dan Confidence in Judgement (John Howard,1989). Keputusan Pembelian terbagi kedalam beberapa tahap (Schiffman &
Kanuk, 2010), yaitu pengenalan kebutuhan, penelitian sebelum pembelian, penilaian alternatif, kaidah keputusan pembelian, dan keluaran. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk megetahui apakah terdapat pengaruh antara Brand Image Ocean Fresh terhadap keputusan pembelian konsumen perempuan di wilayah Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori Brand Image dari John Howard, dan teori perilaku konsumen dari Schiffman & Kanuk. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah kausalitas dengan jumlah populasi sebanyak 60 orang dan menggunakan teknik pengambilan sampel total sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan alat penelitian berupa kuesioner yang disusun oleh peneliti dalam bentuk Google Form. Kuesioner ini disusun dengan berdasarkan
konsep teori Brand Image oleh John Howard dan perilaku konsumen oleh Schiffman & Kanuk. Berdasarkan hasil dari pengujian hipotesa dengan menggunakan formula Rank Spearman, variabel Brand Image Ocean Fresh memiliki pengaruh sebesar 0,646 terhadap variabel keputusan pembelian, dan berarti bahwa terdapat pengaruh yang kuat dari Brand Image terhadap keputusan pembelian. Saran yang didapatkan dalam penelitian ini kepada Ocean Fresh ialah agar terus mengembangkan Brand Image yang telah dimiliki, karena Brand Image telah terbukti memiliki pengaruh yang kuat terhadap keputusan pembelian. Ocean Fresh juga disarankan untuk memprioritaskan pengembangan Brand Image pada area komponen Brand Recognition, yaitu tampilan produk yang lebih menarik. Saran terakhir ialah agar Ocean Fresh terus mengembangkan kedua komponen lainnya, yaitu Attitude Toward the Brand dan Confidence in Judgement.
Kata kunci : Ocean Fresh, Brand Image, Keputusan pembelian
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
-
|
Penerbit | FAKULTAS PSIKOLOGI : CIMAHI., 2019 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
text
|
Tipe Media |
digital
|
---|---|
Tipe Pembawa |
computer disc
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain