Image of Strategi Diplomasi Publik Jepang Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Asal Indonesia Ke Jepang Tahun 2010-2015

Skripsi

Strategi Diplomasi Publik Jepang Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Asal Indonesia Ke Jepang Tahun 2010-2015



ABSTRAK


Penurunan daya saing yang di alami oleh Jepang serta musibah tsunami terbeesar yang pernah di alami Jepang membuat Jepang mengalami sedikit keterpurukan, dan kemunduran ekonomi. Jepang berusaha bangkit kembali untuk memulihkan semua sektor yang mengalami penurunan daya saing salah satunya industri pariwisata, Jepang ingin memperkuat sektor pariwisatanya, dalam misi pembangunan pariwisatanya Jepang melakukan berbagai cara agar dapat menarik wisatawan asing, cara yang di lakukannya melalui cara diplomasi publik yang di lancarkan oleh aktor non negara seperti JNTO, Komunitas Fun Japan Indonesia, dan pop culture. Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya diplomasi publik apa saja yang di lakukan oleh Jepang di Indonesia untuk menarik wisatawan asal Indonesia, karena saat ini Jepang sedang membangun dan mengelola sektor pariwisatanya sebagai salah satu cara untuk mengembangkan kemajuan ekonomi masyarakat Jepang dan menjadikan salah satu sumber pendapatan dari sektor pariwisata. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan Pluralisme dengan konsep diplomasi publik, diplomasi kebudayaan dan konsep strategi. Data yang di gunakan untuk penelitian ini di dapat dari studi kepustakaan yakni melalui buku, internet, media masa, dan juga wawancara, Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik penelitian deskripsi analisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi diplomasi publik yang di lakukan oleh Jepang berhasil dengan adanya bukti peningkatan kunjungan wisatawan Indonesia ke Jepang setiap tahunnya dari tahun 2010-2915, strategi yang di lakukan antara lain melalui pendirian kantor perwakilan JNTO di Indonesia, mengeluarkan kebijakan pariwisata, dan penyusunan strategi pariwisata melalui JTA.

Kata Kunci : Diplomasi Publik, Strategi, Jepang, Indonesia, Pop Culture Pariwisata Jepang, JNTO


Ketersediaan

010816111600013Perpustakaan PusatTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
327/NEL/s
Penerbit IP - FISIP Unjani : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
327
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
0013-TA/327/NEL/s/2016
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this