Image of PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PEMASARAN TERHADAP LABA OPERASIONAL (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013 – 2017)

Skripsi

PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PEMASARAN TERHADAP LABA OPERASIONAL (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013 – 2017)



ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya produksi dan biaya pemasaran terhadap laba operasional secara parsial, dan mengetahui pengaruh biaya produksi dan biaya pemasaran terhadap laba operasional secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013 – 2017. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dan diperoleh sampel sebanyak 14 perusahaan makanan dan minuman. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan dilaman Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data menggunkan analisis regresi linier berganda pada taraf signifikan 5%. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan analisis uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan (bersama-sama) biaya produksi dan biaya pemasaran berpengaruh signifikan terhadap laba operasional. Secara parsial biaya produksi berpengaruh terhadap laba operasional, dan biaya pemasaran berpengaruh terhadap laba operasional.

Kata kunci: operasional. biaya produksi, biaya pemasaran, laba


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Jurusan Akuntasi : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this