Detail Cantuman
Advanced SearchNaskah Publikasi
HUBUNGAN GANGGUAN EMOSI DAN PERILAKU DENGAN NILAI AKADEMIS MURID SEKOLAH DASAR AL - MUHAJIRIN PURWAKARTA
Prevalensi gangguan emosi dan perilaku pada anak adalah sebesar 20%. Terdapat beberapa jenis gangguan emosi dan perilaku pada anak seperti gangguan emosi, gangguan perilaku, hiperaktifitas, dan masalah dengan teman sebaya. Gangguan emosi dan perilaku dapat berdampak kepada aspek kehidupan anak, salah satunya adalah nilai akademis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gangguan emosi dan perilaku dengan nilai akademis pada siswa. Penelitian ini merupakan analitik observasional yang dilakukan di Sekolah Dasar Al-Muhajirin Purwakarta. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 6 di SD Al - Muhajirin. Variabel yang diteliti adalah total nilai kesulitan yang diperoleh menggunakan Strength and Difficulties Questionnaire (SDQ) dan nilai akademis dari rapor anak. Hasil penelitian ini sebanyak 47 siswa yang diteliti terdapat siswa yang memiliki total nilai kesulitan abnormal sebanyak 6 (12.8%), borderline 11 (23.4%), dan normal 30 (63.8%). Subyek dengan gangguan emosi abnormal sebanyak 6 (12.8%), borderline sebanyak 7 (14.9%). Gangguan perilaku abnormal sebanyak 5 (10.6%), borderline sebanyak 11 (23.4%). Gangguan hiperaktif abnormal sebanyak 4 (8.5%), borderline sebanyak 9 (19.1%). Gangguan dengan teman sebaya abnormal 0 (0%), borderline sebanyak 13 (27.7%). Berdasarkan hasil perhitungan statistik antara total nilai kesulitan dengan nilai akademis menggunakan uji korelasi pearson diperoleh nilai p-value sebesar 0.006 (p-value
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
-
|
Penerbit | Psku - FK Unjani : CIMAHI., 2019 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
text
|
Tipe Media |
digital
|
---|---|
Tipe Pembawa |
computer disc
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain