Image of PERAN UNITED NATIONS PROGRAMME ON HIV AND AIDS (UNAIDS) DALAM MENANGGULANGI PENYEBARAN HIV/AIDS DI INDONESIA (2011-2015)

Skripsi

PERAN UNITED NATIONS PROGRAMME ON HIV AND AIDS (UNAIDS) DALAM MENANGGULANGI PENYEBARAN HIV/AIDS DI INDONESIA (2011-2015)



ABSTRAK

HIV/AIDS diberbagai negara menjadi ancaman tersendiri sebagai masalah kehidupan sosial dan kesehatan, sehingga kebijakan pemerintah maupun lembaga-lembaga atau organisasi internasional berperan dibutuhkan dalam menanggulangi penyebaran HIV/AIDS ini. Melihat dengan adanya UNAIDS merupakan INGO yang bernaung di bawah PBB yang menangani masalah HIV/AIDS di seluruh dunia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana peran UNAIDS dalam Menanggulangi Penyebaran HIV/AIDS di Indonesia, mengingat Indonesia saat ini menjadi negara dengan penyebaran tercepat ketiga di Asia Tenggara. Penelitian ini menggunakan pendekatan pluralis, teori peran, konsep organisasi nternasional, dan konsep human security. Selain itu penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan tipe deskriptif dengan menggunakan sumber data primer berupa hasil wawancara yang didukung dengan data sekunder berupa buku, dokumen, jurnal dan artikel yang terkait dengan penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran UNAIDS dalam menanggulangi penyebaran HIV/AIDS di Indonesia adalah sebagai instrumen, dan arena dengan menggunakan strategi baru mengenai getting to zero pada periode waktu 2011-2015. Peran sebagai instrumen dilakukan dengan dua cara yaitu sosialisasi KIE dan sosialisasi melalui media masa, dan membela HAM ODHA. Dan peran sebagai arena yaitu adanya koordinasi dengan KPAN dan Kementerian Kesehatan RI dan adanya program SUFA.

Kata Kunci : UNAIDS, HIV/AIDS, Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA)


Ketersediaan

010816111600001Perpustakaan PusatTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
327/SUC/p
Penerbit HI - FISIP Unjani : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
327
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
0001-TA/327/SUC/p/2016
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this