Image of PENGARUH VARIASI KONSENTRASI NaCN DAN WAKTU PELINDIAN TERHADAP RECOVERY BIJIH EMAS

Skripsi

PENGARUH VARIASI KONSENTRASI NaCN DAN WAKTU PELINDIAN TERHADAP RECOVERY BIJIH EMAS



Metode recovery yang paling sering digunakan pada ekstraksi emas dan perak adalah metode hidrometalurgi (metode ekstraksi pelarut) karena efektivitas dan efisiensinya dibandingkan metode pemisahan yang lain. Diawali dengan ekstraksi pelarut lebih efektif dan efisien pada recovery logam emas dari bijihnya dibandingkan dengan kedua metode ekstraksi yaitu pirometalurgi dan elektrometalurgi, penelitian ini menggunakan metode pelindian dengan sistem sianidasi yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi sianida terhadap nilai recovery dan pengaruh
variasi waktu optimum terhadap nilai recovery. Pada penelitian ini, larutan pelindi yang digunakan yaitu natirum sianida dengan melakukan variasi terhadap konsentrasi sianida antara lain 200, 300 dan 400 ppm, bijih yang digunakan merupakan bijih hasil blending dengan ukuran 35.3 um, operasi kondisi pelindian pada pH (10.48-10.56), oksigen terlarut lebih dari 17 ppm dan menggunakan penambahan PbNO3 270 ppm sebagai katalisator, proses pelindian dilakukan selama 48 jam.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh konsentrasi NaCN meningkatkan recovery dari konsentrasi NaCN 200 ppm untuk Au 83.84% untuk 300 ppm recovery Au 84%, dan variasi NaCN 400 ppm recovery Au 85.43%. Konsentrasi sianida yang optimum pada 300 ppm pada CaCO3 0.05 gr/L, O2 9.17 mg/L, NaCN 4.7 ml/L menghasilkan tingkat recovery Au 88,46% dan Ag 74.30%.

Kata kunci : pelindian, recovery, konsentrasi narium sianida


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Jurusan Teknik Metalurgi : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this