Image of RANCANG BANGUN SMART BREAKER DENGAN MONITORING DHELPI BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8535

Skripsi

RANCANG BANGUN SMART BREAKER DENGAN MONITORING DHELPI BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8535



Peranan energi listrik sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Karena pada jaman moderen sekarang ini berbagai peralatan yang digunakan tidak lepas dari sumber energi listrik. Setiap rangkaian instalasi listrik selalu menggunakan alat pengaman arus lebih, yang dimana pengaman pada instalasi listrik pada sekarang masih minim, oleh sebab itulah dibuat sebuah inovasi berupa smart breaker.
Smart breaker akan bekerja dengan mengukur masukan arus pada masing-masing ruangan di dalam rumah, dimana smart breaker akan mendeteksi arus lebih pada masing-masing ruangan, dengan perinsip kerja seperti ini lah pengaman intalasi listrik dapat bekerja dengan maksimal, karna smart breaker akan mematikan ruangan yang terdeteksi arus lebih tanpa memutus arus pada ruangan yang tidak terdeteksi arus lebih dan akan menyalakan buzzer sebgai peringatan.
Pada hasil pengukuran dengan membandingkan smart breaker dengan alat ukur, error rata-rata pada ruangan satu 6,4% pada ruangan dua 2,74% dan pada ruangan tiga 3,14% dengan rata-rata keakurasian sebesar 95,8%. Sedangkan perbandingan pengukuran dhelpi dengan smart breaker, error rata-rata pada ruangan satu 3,3% ruangan dua 5% dan pada ruangan tiga 7,5%, dengan rata-rata keakurasian sebesar 94,7%.

Kata kunci: instalasi listrik, smart breaker, arus lebih, buzzer


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Jurusan Teknik Elektro Unjani : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this