Image of RANCANG BANGUN AIR SHOWER BERBASIS MIKROKONTROLER DENGAN SENSOR RFID SEBAGAI
PEMBATAS STERILITAS

Skripsi

RANCANG BANGUN AIR SHOWER BERBASIS MIKROKONTROLER DENGAN SENSOR RFID SEBAGAI PEMBATAS STERILITAS



Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedemikian pesat telah membawa dampak yang cukup besar terhadap kehidupan manusia untuk mempelajari dan mengembangkan ilmu pengetahuannya terutama di industri obat yang rentan dengan kontaminasi silang. Dalam teknologi elektronika efektifitas dan efisiensi selalu menjadi acuan agar setiap langkah dalam penggunaan dan
pemanfaatan teknologi diharapkan dapat mencapai hasil yang optimal baik dalam kualitas maupun kuantitasnya. Agar dapat mewujudkan hal tersebut, maka diperlukan sebuah alat yang bisa menjaga agar tidak terjadi kontaminasi silang terhadap ruang steril industri obat maka dari itu seiring dengan majunya pola fikir dari sumber daya manusia sehingga benar-benar dapat mengeluarkan ide dan pikiran kreatifnya untuk menciptakan berbagai macam perangkat kebutuhan manusia yang bertujuan untuk memudahkan kehidupan manusia.
Dalam pembuatan alat ini ada beberapa perancangan, diantaranya merancang rangkaian elektronika dan merancang perangkat mekanik. Perancangan elektronika terdiri dari sensor utama dari alat yaitu PIR HC-SR501, RFID RDM6300, dan Magnetic Limit switch MC-38 sebagai sensor akses dan proses sterilisasi dan LCD 16x2 sebagai penampil proses sterilisasi dan akses. Dari segi mekanik menggunakan akrilik di mana di dalamnya terdapat komponenkomponen yang berguna untuk mengontrol alat yang dibuat. Untuk mengendalikan semua rangkaian digunakan sebuah IC mikrokontroler ATMega 8535.
Dari hasil pengujian diketahui nilai jarak kontak untuk proses sterilisasi, sensor PIR maksimum berjarak 4 meter.

Kata kunci : Air shower, Sensor PIR HC-SR501, Magnetic Limit Switch MC-
38, RFID RDM 6300, LCD 16X2


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit JURUSAN TEKNIK ELEKTRO D3 : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this