Image of UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN LAMUN (Enhalus acoroides) PERAIRAN TELUK EKAS DENGAN METODE DPPH (2,2- difenil-1-pikrilhidrazil)

Skripsi

UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN LAMUN (Enhalus acoroides) PERAIRAN TELUK EKAS DENGAN METODE DPPH (2,2- difenil-1-pikrilhidrazil)



Antioksidan merupakan molekul yang dapat mendonorkan satu atau lebih elektronnya kepada radikal bebas, sehingga dapat meredam radikal bebas. Lamu (Enhalus acoroides) merupakan spesies lamun banyak ditemui di perairan teluk Ekas Nusa Tenggara Barat. Hasil penapisan metabolit primer menunjukan pada tanaman lamun mengandung karbohidrat dan protein, dan hasil penapisan metabolit sekunder simplisia dan ekstrak metanol lamun mengandung senyawa alkaloid, tannin, polifenol, monoterpenoid dan seskuiterpenoid. Pada penelitian ini, tanaman lamun di ekstraksi dengan metode maserasi menggunakan pelarut metanol. Identifikasi kualitatif antioksidan dilakukan menggunakan dinamolisis dan pola pemantauan KLT dengan penampak bercak DPPH 0,2% dalam metanol yang memberikan hasil positif sebagai antioksidan. Pengukuran aktivitas antioksidan secara kuantitatif menggunakan metode peredaman radikal bebas 2,2-Difenil-1- Pikrilhidrazil (DPPH). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa ekstrak metanol lamun (Enhalus acoroides) 1000 µg/mL memiliki persen peredaman 4,83%. Hal ini menunjukan bahwa lamun (Enhalus acoroides) memiliki potensi yang lemah sebagai antioksidan.

Kata Kunci: (Enhalus acoroides), Antioksidan, 2,2-Difenil-1-Pikrilhidrazil,
Metanol, Teluk Ekas


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Jurusan Fakultas Farmasi : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this