Image of PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ALAT PROTOTIPE PENDISTRIBUSIAN SUMBER AIR KE MASYARAKAT BERBASIS ARDUINO

Skripsi

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ALAT PROTOTIPE PENDISTRIBUSIAN SUMBER AIR KE MASYARAKAT BERBASIS ARDUINO



Air merupakan kebutuhan pokok manusia untuk kebutuhan hidup sehari-hari di muka bumi ini, penting bagi kita selalu melestarikan dan menjaga lingkungan. Permasalahan yang terjadi di daerah-daerah terpencil yang jauh dari sumber air yaitu belum baiknya pengelolaan sistem penyedia air bersih, seperti halnya proses untuk mendapatkan air bersih masih dikelola secara manual, bahkan di daerahdaerah tertentu masih banyak manusia yang mengambil air bersih dengan cara dipikul. Oleh karena itu dalam penelitian ini penulis akan merancang prototipe pendistribusian sumber air ke masyarakat berbasis arduino.
Dalam perancangan alat ini menggunakan beberapa komponen utama, yaitu mikrokontroler yang dipakai oleh alat ini menggunakan Arduino Uno R3 dan dibantu oleh 3 buah water flow sensor sebagai penghitung besar aliran air dan 3 buah solenoid valve sebagai pengontrol aliran air. Agar alat ini dapat bekerja sesuai keinginan digunakan RTC sebagai pengendali waktu.
Proses kerja dari alat ini diawali dengan menyambungkan kabel power, kemudian alat akan mulai bekerja dan RTC mulai menghitung waktu selama 20 detik dan solenoid valve serta water flow sensor mulai bekerja sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh RTC, dan proses itu berulang sebanyak 3 kali.

Kata kunci: Air, Arduino, Prototipe, Sensor, Valve


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Jurusan Teknik Elektro Unjani : CIMAHI.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
digital
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this